Rabu, 03 Januari 2024 16:30

Pj Gubernur Sulsel Dukung Pertanian Kentang di Gowa, Program KUR Siap Diterapkan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menanam kentang bersama petani Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Rabu (3/1/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menanam kentang bersama petani Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Rabu (3/1/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memberikan dukungan aktif terhadap pertanian kentang di Gowa dengan menanam bersama petani. Bahtiar yakin potensi pertanian kentang dapat berkembang pesat jika didukung pemerintah dan lembaga keuangan. Melalui program KUR yang disalurkan melalui beberapa bank ternama, Bahtiar berupaya meningkatkan produktivitas pertanian serta membantu petani mengatasi kendala modal di lahan seluas 3.000 hektare.

RAKYATKU.COM, GOWA - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bersama petani Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, menanam kentang, Rabu (3/1/2024).

Bahtiar mengaku pertanian kentang sangat bagus dan menjanjikan bagi masyarakat. Namun, perlu sentuhan dari pemerintah dan perbankan.

Untuk itu, pemerintah bersama dengan OJK Sulampua serius menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) lewat BRI, BNI, Bank BTN, Bank Mandiri, dan Bank Sulselbar.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pemantapan Pilkada Serentak 2024

"Saya sudah minta Bank Sulselbar untuk data dan memberikan KUR dengan potensi yang sangat luar biasa di sini. Ada kentang dan markisa," ujar Bahtiar.

Ketua Kelompok Tani Biring Romang, Rizal, berharap program KUR ini dapat membantu dirinya bersama seluruh kelompok tani lainnya. Apalagi, lahan pertanian keseluruhan mencapai 3.000 hektare, tetapi baru sekitar 300 hektare yang produktif saat ini.

"Kami sangat berharap ini (KUR) dapat membantu kami karena selama ini kami selalu terkendala di modal. Ini luar biasa langsung datang Bapak Gubernur dan duduk bersama kami," ucapnya.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin