Minggu, 31 Desember 2023 16:50

Perjalanan 11 Tahun PLTU Barru, Raih Kinerja Platinum Hingga Anugerah Proper Hijau

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Perjalanan 11 Tahun PLTU Barru, Raih Kinerja Platinum Hingga Anugerah Proper Hijau

Pada Desember 2023, PLTU Barru membanggakan diri dengan menerima anugerah Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

RAKYATKU.COM, BARRU - PLTU Barru merayakan pencapaian 11 tahun beroperasi di Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru. Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), perjalanan panjangnya telah mengukir prestasi dan keberhasilan yang memperkuat posisinya di dunia energi.

PLTU Barru tidak hanya melewati tantangan seiring waktu, tetapi juga meraih prestasi gemilang. Pada Desember 2023, PLTU Barru membanggakan diri dengan menerima anugerah Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin di Hotel Bidakara Jakarta Selatan. Hal ini menegaskan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan lingkungan.

Baca Juga : PLN Indonesia Power Sukses Manfaatkan 100 Persen Biomassa di PLTU Barru

Tidak hanya itu, PLTU Barru juga dinobatkan sebagai penerima penghargaan di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), baik tingkat nasional maupun provinsi Sulawesi Selatan.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah secara langsung menyerahkan penghargaan tersebut, menandai dedikasi perusahaan terhadap kesejahteraan dan keamanan para pekerjanya.

PLTU Barru tidak hanya menjadi kebanggaan dalam hal prestasi, tetapi juga dalam kontribusinya kepada masyarakat.

Baca Juga : Debu Batu Bara PLTU Barru Cemari Lingkungan, Warga: Kami Menderita

Penghargaan Implementasi CSR terbaik dari Pemerintah Kabupaten Barru menandai upaya perusahaan dalam melaksanakan berbagai program CSR, mulai dari pemeriksaan kesehatan rutin hingga pemberdayaan kelompok tani dan UMKM.

"Dalam aspek kemanusiaan, PLTU Barru aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial, pendidikan, dan keagamaan di Kabupaten Barru, memperkuat ikatan positif antara perusahaan dan komunitas," kata Humas PLTU Barru, Muhammad Nur Said, Minggu (31/12/2023).

Tahun 2023 menjadi momentum penting bagi PLTU Barru dengan meraih predikat kinerja Platinum di lingkungan PT PLN Indonesia Power.

Baca Juga : Debu Batu Bara PLTU Barru Cemari Lingkungan Bawasalo, Warga: Kami Menderita

Setelah 2 tahun berturut-turut meraih predikat Kinerja Emas, pencapaian Kinerja Platinum menandakan komitmen PLTU Barru terhadap standar kinerja tertinggi.

Dalam pelayanan pelanggan, PLTU Barru meraih posisi ketiga terbaik dari seluruh unit PLN Indonesia Power yang tersebar di seluruh Indonesia, menunjukkan fokus perusahaan terhadap kepuasan pelanggan.

Sebagai elemen integral dalam sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan, PLTU Barru terus mewarnai dan menguatkan infrastruktur energi daerah tersebut.

Baca Juga : Indonesia Power PLTU Barru Doa Bersama Anak Yatim Jelang Overhaul

"Selamat ulang tahun, semoga semakin andal, efisien, berkelanjutan, dan jaya dalam menyediakan energi untuk kebutuhan masa depan," kata Said.

#PLTU Barru