Kamis, 28 Desember 2023 08:15

Turnamen Catur Cepat Bupati Cup Luwu Utara II, Ratusan Pecatur Se-Sulselbartra Bersaing

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat membuka helatan open tournament catur cepat Bupati Cup II, Rabu (27/12/2023), di Teras Adira, Masamba.
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat membuka helatan open tournament catur cepat Bupati Cup II, Rabu (27/12/2023), di Teras Adira, Masamba.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, membuka turnamen catur cepat Bupati Cup II di Teras Adira, Masamba, yang diikuti ratusan pecatur se-Sulselbartra. Indah menekankan pentingnya catur sebagai olahraga massal dan berprestasi sambil berbagi pandangan tentang strategi catur dan nilai-nilai yang dapat dipetik dari permainan tersebut. Turnamen ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah melalui KONI Luwu Utara.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, membuka helatan open tournament catur cepat Bupati Cup II, Rabu (27/12/2023), di Teras Adira, Masamba. Turnamen tingkat Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sulselbartra) ini mengikutkan ratusan pecatur.

"Catur ini adalah olahraga massal dan berprestasi. Juga sebagai olahraga keluarga, karena kalau biasanya suaminya adalah pecatur, maka anak dan istrinya juga akan ikut. Sama seperti ayah saya, teman mainnya adalah ibu dan almarhum kakak saya," kata.

"Di catur kita belajar bahwa kita tidak mungkin mendapatkan semuanya, bahkan kita harus mengorbankan hal yang penting untuk mendapat yang lebih besar," terang Indah yang turut bermain catur dengan pecatur junior asal Toraja usai membuka turnamen.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Bicara strategi, Indah mengatakan pada permainan catur diterapkan ilmu perang. "Jadi, kenali diri dan potensi yang kita punya sekaligus kenali lawan dan medan perang," jelasnya.

Dari olahraga catur, Indah menuturkan tiap orang punya keterampilan dan potensi masing-masing. Untuk itu, orang tua tidak boleh memaksa semua anak untuk juara di bidang pendidikan.

"Kita bisa berprestasi dan produktif di bidang yang kita gemari masing-masing. Sekali lagi saya ucapkan selamat atas penyelenggaraan turnamen catur cepat ini. Bagi yang datang dari luar Luwu Utara, silakan menikmati durian dan keindahan Luwu Utara," tuturnya.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

Sebelumnya, ketua panitia, Jasman melaporkan turnamen ini terselenggara berkat dukungan penuh pemerintah daerah melalui KONI Luwu Utara.

"Ada ratusan peserta yang terdaftar hingga saat ini yang memperebutkan hadiah total puluhan juta rupiah. Khusus untuk Sulbar dan Sultra kategori nonmaster. Atas nama panitia, kami sampaikan terima kasih atas dukungan Ibu Bupati dan Bapak Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi," tuturnya.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani