Senin, 25 Desember 2023 21:21

FK-UMI Roadshow di Unida Gontor, Bahas Pendidikan, Adab, dan Pembinaan Hafiz/Hafizah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pimpinan Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK-UMI) Makassar bersama mahasiswa/mahasiswi penghafal Al-Quran melaksanakan roadshow dan silaturahmi di Universitas Darussalam (Unida) Gontor, Ponorogo Jawa Timur, Senin (25/12/2023).
Pimpinan Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK-UMI) Makassar bersama mahasiswa/mahasiswi penghafal Al-Quran melaksanakan roadshow dan silaturahmi di Universitas Darussalam (Unida) Gontor, Ponorogo Jawa Timur, Senin (25/12/2023).

FK-UMI Makassar melakukan roadshow di Unida Gontor, membahas pendidikan, adab, dan pembinaan hafiz/hafizah dalam focus group discussion (FGD) bersama Rektor Unida dan Dekan FK Gontor. Kegiatan bertujuan memperkuat syiar FK-UMI, belajar cara mendidik adab, mengelola hafiz/hafizah, dan mempersiapkan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tahfiz, dengan fokus pada pesantren Daarut Tauhiid yang akan memulai pendidikan kedokteran pada 2024.

RAKYATKU.COM, PONOROGO - Pimpinan Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK-UMI) Makassar bersama mahasiswa/mahasiswi penghafal Al-Quran melaksanakan roadshow dan silaturahmi di Universitas Darussalam (Unida) Gontor, Ponorogo Jawa Timur, Senin (25/12/2023).

Rombongan FK-UMI disambut Rektor Unida, Hamid Fahmy Zarkasyi, dan Dekan FK Gontor, Harijono Kario Sentono, beserta jajarannya.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk focus group discusion (FGD). FGD ini membicarakan terkait proses pendidikan di pesantren, pembinaan adab atau akhlak, hingga pembinaan hafiz/hafizah di Gontor.

Baca Juga : BEM KBMFK-UMI Studi Banding ke FK Unisba Dorong Kolaborasi Positif

Dekan FK-UMI, Nasrudin, mengatakan bahwa roadshow dan silaturahmi ke pesantren ini dilaksanakan dalam rangka belajar mengenai cara mendidik adab pada murid, cara mengelola hafiz/hafizah, hingga memperkuat syiar FK-UMI dalam proses penerimaan mahasiswa baru, khususnya jalur tahfiz.

"Apalagi hingga saat ini ada sekitar 80-an mahasiswa FK-UMI yang juga adalah penghafal Al-Quran yang 20-an di antaranya adalah penghafal 30 juz," ujarnya.

Nasruddin mengungkapkan adapun Daarut Tauhiid dipilih karena merupakan pesantren terbaik di Indonesia untuk saat ini yang juga akan memulai pendidikan kedokteran 2024.

Baca Juga : PkM Dosen Farmasi UMI: Produksi Kerupuk Bawang Sehat Bergizi Berbahan Tepung Ampas Tahu

Pertemuan ditutup dengan kunjungan ke beberapa gedung di Gontor untuk melihat proses yang ada disana. "Ke depan akan mengadakan workshop terkait proses pengelolaan yang ada di pesantren untuk mewujudkan model terbaik dari rangkaian pertemuan ini," kata Nasruddin.

#Universitas Muslim Indonesia #FK UMI