Sabtu, 23 Desember 2023 08:15

Pj Gubernur Sulsel Inisiasi SMK Unggulan Terbuka, Pertama di Indonesia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. (Foto: Pemprov Sulsel)

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memulai inisiatif pembukaan SMK unggulan terbuka pertama di Indonesia, khusus untuk lulusan SMP yang tidak dapat melanjutkan ke SMA atau SMK. Ini merupakan langkah progresif menuju pembentukan SDM unggul demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menginisiasi SMK unggulan terbuka pertama di Indonesia. Sekolah ini khusus anak-anak tamatan SMP yang tidak bisa lanjut ke SMA atau SMK.

Bahtiar menyampaikan itu pada Dialog Akhir Tahun Upi Show Growth Digital Economic Beyond 2023, di Hotel Claro, Makassar, Jumatc (22/12/2023).

Menurut Bahtiar, pemerintah harus menyediakan SDM unggul untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. "Saya orang pertama di Indonesia sebagai gubernur yang akan membuka SMK unggulan terbuka di Sulsel," ungkap Bahtiar.

Baca Juga : Daftar Korban Meninggal Dunia Banjir dan Tanah Longsor di Luwu

SMK unggulan terbuka tersebut menjadi solusi bagi seluruh lulusan SMP yang belum sempat lanjut SMA atau SMK. Namun, sekolah ini harus didukung fasilitas jaringan internet yang stabil agar muridnya bisa belajar dengan nyaman.

"Ini forum yang sangat keren. Kami di Sulsel sedang menyusun rencana pembangunan sampai 2045. Kita akan melakukan uji publik bagaimana perencanaan anak muda di tahun 2045," katanya.

Mengelola daerah sebesar Sulsel, kata Bahtiar, dari Kabupaten Kepulauan Selayar sampai Luwu Timur, harus melihat apa yang ada di daratan dan di lautnya terlebih dahulu. Untuk itu, dirinya fokus tiga sektor, yakni pertanian, perikanan, dan peternakan.

Baca Juga : Helikopter Pembawa Bantuan Berhasil Mendarat di Latimojong Luwu, 8 Warga Ikut Dievakuasi

"Sebagai Gubernur Sulsel saya akan mengembangkan Sulsel menjadi daerah yang maju, mandiri, dan ekonomi biru. Untuk menuju ekonomi biru maka harus disiapkan pertanian, perikanan, dan peternakan. Inilah yang akan mengubah ekonomi masyarakat Sulsel," ungkapnya.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin