Jumat, 22 Desember 2023 11:15

Pemkab Barru Peringkat Ketiga Keterbukaan Informasi Publik Sulsel 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru meraih predikat menuju informatif penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Sulawesi Selatan (Sulsel) 2023.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru meraih predikat menuju informatif penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Sulawesi Selatan (Sulsel) 2023.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru meraih peringkat ketiga penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Sulawesi Selatan (Sulsel) 2023 yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) Sulsel. Penghargaan diserahkan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kepada Kepala Dinas Kominfo-SP Barru, Syamsuddin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru meraih predikat menuju informatif penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Sulawesi Selatan (Sulsel) 2023 yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) Sulsel. Barru menduduki peringkat ketiga dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel.

Penghargaan diserahkan langsung Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kepada Kepala Dinas Kominfo-SP Barru, Syamsuddin, mewakili Bupati Barru, Suardi Saleh, pada Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik di Aula Tudang Sipulung, rumah jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, Rabu (20/12/2023).

Bahtiar mengapresiasi pemerintah desa, OPD provinsi dan pemerintah daerah yang telah meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik tahun ini.

Baca Juga : Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

Dia meminta pelaksanaan penilaian keterbukaan informasi publik tidak hanya terfokus pada tiga kategori badan publik tersebut, tetapi bisa menyentuh BUMN, BUMD, parpol, lembaga pendidikan, dan sebagainya sepanjang menerima dana APBD atau APBD.

"Ke depan saya berharap KI Sulsel tidak hanya mengumumkan kabupaten/kota dengan kategori keterbukaan informasi publik yang cukup, menuju, dan informatif, tapi juga yang tidak informatif. Ini agar pemerintah provinsi dapat membandingkan dan menjadikan bahan evaluasi pada badan publik untuk lebih baik," ujarnya.

Kepala Dinas Kominfo-SP Barru, Syamsuddin, mengatakan penghargaan ini tidak terlepas dari petunjuk, arahan, dan dukungan dari Bupati Barru, Sekda dan Bidang Humas IKP, khususnya kerja keras PIC PPID, PPID pelaksana, serta dukungan USAID ERAT Barru.

Baca Juga : Bupati Janji Umrah, Kafilah Barru Berlaga di MTQ XXXIII Sulsel Target Raih Prestasi

"Sedianya acara ini dihadiri langsung Bupati Barru dan seharusnya diterima dalam suasana yang menyenangkan. Namun, dengan adanya berita duka wafatnya Ibu Ketua TP PKK (Hasnah Syam) sehingga penerimaan penghargaan menjadi suatu hal campur aduk antara senang dan duka," katanya.

Hadir pada kesempatan ini Forkopimda Sulsel, para komisioner KI, sejumlah bupati/wali kota, para kepala desa penerima penghargaan, para Kepala Dinas Kominfo se-Sulsel, para kepala OPD Pemprov Sulsel, dari Ombudsman Sulsel, tim juri, dan undangan lainnya.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru