Kamis, 14 Desember 2023 09:20

Hari Nusantara, DKP Sulsel Tanam 78 Ribu Mangrove di Pesisir Bone

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Aksi penanaman batang pohon mangrove di kawasan perairan pesisir Kabupaten Bone, Rabu (13/12/2023). (Foto: Pemprov Sulsel)
Aksi penanaman batang pohon mangrove di kawasan perairan pesisir Kabupaten Bone, Rabu (13/12/2023). (Foto: Pemprov Sulsel)

Memperingati Hari Nusantara, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Selatan (Sulsel) menanam 78 ribu pohon mangrove di perairan pesisir Kabupaten Bone, sebagai upaya rehabilitasi wilayah dan pemberdayaan masyarakat pesisir. Upaya ini bertujuan sebagai implementasi pembangunan ekonomi biru di Sulsel dengan fokus pada pertumbuhan sektor kelautan dan perikanan yang berbasis kelestarian ekosistem laut.

RAKYATKU.COM, BONE - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Cabang Dinas Kelautan (CDK) Bosowasi menanam 78 ribu batang pohon mangrove di kawasan perairan pesisir di Kabupaten Bone, Rabu (13/12/2023).

Rehabilitasi wilayah perairan pesisir dan pemberdayaan masyarakat pesisir melalui penanaman mangrove ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Nusantara.

Penanaman ini dilakukan di dua lokasi, yaitu Kelurahan Toro, Kecamatan Tanete Riattang Timur, dan Desa Ujung Salangketo, Kecamatan Mare.

Baca Juga : Banjir Luwu, Pj Gubernur Pastikan Evakuasi dan Distribusi Bantuan di Wilayah Terisolir

Penanaman dipimpin Kepala CDK Bosowasi, Herimisniaty, serta diikuti penyuluh perikanan Bone, perwakilan dari Kelurahan Toro, Kepala Desa Ujung Salangketo, Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone, serta kelompok masyarakat pesisir.

Kepala DKP Sulsel, M. Ilyas, mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai wujud implementasi pembangunan ekonomi biru di Sulsel.

“Ini sebagai wujud dalam mengimplementasikan pembangunan ekonomi biru di Sulsel, yaitu pertumbuhan ekonomi sektor kelautan dan perikanan yang berbasis kelestarian ekosistem laut (hutan bakau, padang lamun, dan terumbu karang)," ujarnya.

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Lantik Penjabat Ketua PKK dan Dekranasda Pinrang

Kegiatan ini, kata dia, juga sebagai wujud peduli lingkungan, termasuk mencegah abrasi pantai dan pelestarian tanaman mangrove.

#DKP Sulsel #Pemprov Sulsel