Selasa, 19 September 2023 09:43

Bupati Bantaeng Launching Aplikasi Perpustakaan Digital

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Bantaeng Launching Aplikasi Perpustakaan Digital

Aplikasi perpustakaan digital itu dapat diakses gratis. Cukup dengan mendownload IpusBantaeng di Play Store sudah dapat merasakan manfaatnya.

BANTAENG - Bupati Bantaeng Ilham Azikin bersama sejumlah Kepala OPD menghadiri acara Bincang Menarik Tentang Bantaeng yang Inovatif dan Kolaboratif (Binar Baik) dan Peluncuran Aplikasi Perpustakaan Digital (IPUS) di pelataran Hotel Kirei, Kecamatan Bantaeng, Senin (18/9) malam.

Kegiatan itu digagas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantaeng dengan Badan Perencanaan dan Pembentangan Daerah (Bappeda) Bantaeng. Kegiatan yang mengusung tema Menanam Kebaikan, Memuai Kebermanfaatan dan Memastikan Keberlanjutan itu menghadirkan penggiat literasi, dan pendidikan serta Forum Anak Butta toa.

Acara dimulai dengan penandatanganan MoU Dinas Perpustakaan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMDPPPA) Bantaeng, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, PT Aksaramaya dan Boetta Ilmu.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Lantik Puluhan Pejabat Baru

Kemudian Bupati Bantaeng Ilham Azikin melaunching IPUS. Manager Partnership PT Aksaramaya Ferdi Fiersa mengatakan, aplikasi perpustakaan digital itu dapat diakses gratis. Cukup dengan mendownload IpusBantaeng di Play Store sudah dapat merasakan manfaatnya.

"Aplikasi ini kami hibahkan kepada klien kami agar perpustakaan bisa menjadi yang terdepan. Aplikasi ini kami kembangkan sesuai dengan kebutuhan orang-orang yang biasa ke perpustakaan, fitur-fiturnya sama seperti perpustakaan konvensional," kata dia.

Aplikasi tersebut kata Ferdi telah terbukti manfaatnya saat Covid-19 melanda Indonesia. Aktivitas dibatasi termasuk untuk ke perpustakaan. Aplikasi tersebut menjawab kebutuhan masyarakat yang bisa diakses melalui handphone maupun laptop.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Ilham Azikin: Jaga Kebersamaan

"Jadi silahkan didownload dan nikmati semua bahan-bahan referensi yang ada di aplikasi secara gratis," kata dia.

Sementara itu, Bupati Bantaeng Ilham Azikin dalam sambutanya mengatakan, berterima kasih kepada pihak PT Aksaramaya yang telah melaksanakan penandatanganan dan penyerahan hibah IPUS.

"Mudah-mudahan IPUS hadir untuk memacu semangat khususnya dalam menghadirkan aktivitas literasi yang menjadi ruang aktualisasi bagi seluruh elemen di Kabupaten Bantaeng dan senantiasa menjadi bagian dari pergerakan literasi yang memiliki kebermanfaatan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bantaeng," kata dia.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Salurkan Asuransi Rp 209 Juta ke Peternak

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan bincang menarik tentang Bantaeng yang inovatif dan kolaboratif. Bupati Bantaeng Ilham Azikin bersama dengan seluruh peserta yang hadir saling berbagi wawasan dan pengalaman dalam menemukenali persoalan dan inovasi di berbagai sektor di Kabupaten Bantaeng.

#pemkab bantaeng