Selasa, 28 November 2023 21:52

Kembangkan Sistem Informasi Kekayaan Alam bagi Warga Desa Lakatong, Unismuh Makassar Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kembangkan Sistem Informasi Kekayaan Alam bagi Warga Desa Lakatong, Unismuh Makassar Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

Sistem ini bukan untuk mempersulit, tapi akan lebih memudahkan dalam hal administrasi dan memperkenalkan Desa Lakatong ke dunia luar

RAKYATKU.COM, TAKALAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menunjukkan komitmennya dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertemakan "Sistem Terintegrasi Kekayaan Alam" di Desa Lakatong, Kabupaten Takalar pada Senin, 27 November 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Pelaksana, Fauzan Hamdi, ST, MT, dan Ketua Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, Muhyiddi AM Hayati SKom, MT.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Fauzan Hamdi, ST, MT menjelaskan bahwa mereka telah berdiskusi dengan kepala desa untuk meningkatkan sistem informasi di Desa Lakatong, yang saat ini masih mengandalkan sistem manual. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk memudahkan administrasi dan memperkenalkan Desa Lakatong secara lebih luas.

Baca Juga : Unismuh Makassar Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, Perundungan, serta Intoleransi

"Sistem ini bukan untuk mempersulit, tapi akan lebih memudahkan dalam hal administrasi dan memperkenalkan Desa Lakatong ke dunia luar," ungkapnya.

Ketua Prodi Informatika Fakultas Teknik Unismuh Makassar, Muhyiddi AM Hayati SKom, MT, menambahkan bahwa mereka akan mengembangkan beberapa sistem yang sudah ada menjadi informasi yang bermanfaat bagi desa dan dapat diakses oleh dunia luar.

"Selain itu, kita akan mengembangkan sistem pembelajaran berbasis digital yang mencakup semua aspek untuk meningkatkan pelayanan desa dan sistem pemerintahan berbasis elektronik," tambahnya.

Baca Juga : Ketua IKA Unismuh Raih Gelar Doktor dari Prodi S3 Pendidikan Agama Islam

Ia juga menekankan bahwa seluruh perangkat desa diwajibkan memiliki sistem informasi, dan Program Studi Informatika dari Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah hadir untuk membantu mengembangkan sistem tersebut di tengah masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Lakatong Syahrir, SE menyampaikan bahwa sangat bersyukur dan merespon baik adanya program sistem informasi yang diterapkan di desa lakatong kabupaten takalar oleh Prodi Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Makassar.(**)

#unismuh #Pengabdian Masyarakat