Minggu, 19 November 2023 12:58

Ratusan ASN Pemkab Gowa Diminta Terapkan Core Values BerAkhlak

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ratusan ASN Pemkab Gowa Diminta Terapkan Core Values BerAkhlak

Kegiatan ini diikuti oleh staf ahli, para asisten, pimpinan SKPD beserta sekretaris, camat beserta seluruh sekretaris lurah dan pejabat administrator serta kepala bidang.

GOWA --- Sebanyak 200 peserta mengikuti Bimbingan Teknis Core Values Budaya Kerja ASN BerAkhlak Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa Tahun 2023 yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Makassar, Sabtu (18/11).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari hingga 19 November 2023 ini diikuti oleh staf ahli, para asisten, pimpinan SKPD beserta sekretaris, camat beserta seluruh sekretaris lurah dan pejabat administrator serta kepala bidang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Zubair Usman mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan Core Values para ASN Lingkup Pemkab Gowa yakni BerAkhlak.

Baca Juga : Prevelensi Stunting Gowa Turun 11,9 Persen

"Tentu ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20 Undang-undang ASN yang terbaru, dan surat edaran Menpan RB untuk bagaimana menumbuhkembangkan Core Values ASN yaitu BerAkhlak," jelasnya.

Zubair berharap melalui kegiatan ini mampu meningkatkan produktivitas hingga penerapan Core Values BerAkhlak yang lebih baik di Lingkup ASN Pemkab Gowa.

"Harapannya setelah kegiatan ini produktivitas dan penerapan Core values BerAkhlak di ASN kita di Pemerintah Kabupaten Gowa bisa semakin baik dan kekompakan dan kolaborasi bisa semakin meningkat," katanya.

Baca Juga : Hari Otoda Ke-28 Tahun, Pemkab Gowa Siap Sukseskan Program Nasional

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, Bimtek Core Values ini dilakukan sebagai upaya merubah budaya kerja ASN Lingkup Pemkab Gowa.

"Yang tadinya mungkin hanya menjalankan tugas itu karena untuk memenuhi kewajibannya, diharapkan dengan adanya pelatihan ini lebih kolaboratif, bekerjasama untuk mencapai cita-cita yang telah ditetapkan bersama," kata Pj. Sekda Gowa.

Selain itu, melalui Bimtek Core Values ini juga ASN Pemkab Gowa diharapkan lebih inovatif lagi khususnya dalam rangka untuk tujuan pembangunan sesuai dengan visi misi Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Pemkab Gowa Siap Gagas Sistem Penanggulangan Bencana Berbasis Teknologi

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Gowa, Abdullah Sirajuddin yang turut hadir sebagai salah satu peserta Bimtek ini menyampaikan, kegiatan ini memberi pemahaman bersama akan pentingnya budaya kerja ASN khususnya jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa dalam memberi pelayanan terkait kebutuhan masyarakat dengan mempedomani model transformasi sesuai UU ASN BerAkhlak.

"Tentu diharapkan nantinya kita sebagai peserta mampu berkontribusi, terbuka dan bekerjasama mewujudkan kolaborasi yg mantap di Pemerintah Kabupaten Gowa,

Bangga Melayani Bangsa," ujar mantan Kabag Humas Setkab Gowa ini.

Baca Juga : Pemkab Gowa Gagas Pelayanan Publik Berbasis HAM

Dirinya juga berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Gowa yang melaksanakan kegiatan ini guna kemajuan kinerja para ASNnya.

"Secara pribadi saya menyampaikan terimakasih banyak kepada bapak bupati dan wakil bupati atas upaya beliau memberikan kegiatan seperti ini, semoga ASN Kabupaten Gowa nantinya menjadi ASN yg unggul, loyal dan berkompeten dalam segala hal," tutupnya.

Disamping itu, Kabag Sekretariat Dewan DPRD Kabupaten Gowa, M Natsir yang juga sebagai peserta Bimtek mengatakan, ASN dalam semua level harus tersentuh dengan kegiatan seperti ini.

Baca Juga : Pemkab Gowa Beri Perlindungan Sosial ke Pekerja Rentan

Menurutnya, bila ASN dianalogikan sebagai perangkat komputer, maka kegiatan ini adalah aktifitas menginstal ulang dan mengupgrade kembali nilai-nilai luhur yg harus dimiliki seorang ASN.

"Jangan pernah bosan berkegiatan seperti ini karena kebaikan itu memang harus diulang berkali-kali karena tantangan terbesar dalam hal apapun adalah istiqomah dalam kebaikan," pungkasnya.

#Pemkab Gowa