Kamis, 16 November 2023 08:15

PT Vale Paparkan Teknologi Keamanan Bendungan di Hexagon LIVE Indonesia 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Digital reality dan geospasial HxGN LIVE Indonesia 2023, di The Westin Jakarta, 7—8 November 2023. (Foto: PT Vale Indonesia)
Digital reality dan geospasial HxGN LIVE Indonesia 2023, di The Westin Jakarta, 7—8 November 2023. (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale Indonesia mempresentasikan teknologi Robotic Monitoring System (RMS) pada acara HxGN LIVE Indonesia 2023. Teknologi ini, yang berfokus pada digital reality dan geospasial, dirancang untuk memantau keamanan tiga bendungan milik PT Vale sebagai langkah komitmen perusahaan terhadap keselamatan masyarakat sekitar yang tinggal di daerah rawan gempa bumi.

RAKYATKU.COM, JAKARTAPT Vale Indonesia memaparkan teknologi Robotic Monitoring System (RMS) dalam digital reality dan geospasial HxGN LIVE Indonesia 2023, di The Westin Jakarta, 7—8 November 2023.

Kegiatan yang digelar Hexagon Global melalui Leica Geosystems Indonesia ini untuk pertama kalinya dilakukan di Asia Tenggara.

Sebanyak 519 peserta dengan berbagai latar belakang profesi hingga instansi dari industri turut hadir, seperti pemerintahan, infrastruktur, konstruksi, pertambangan, minyak dan gas, perkebunan, hingga akademisi. Acara ini juga melibatkan lebih dari 40 pembicara dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga : PT Vale Business Model Competition Dorong Kewirausahaan Ormas-Kepemudaan

Pada kesempatan ini, PT Vale memaparkan inovasi RMS, sebuah teknologi yang diciptakan untuk memantau keamanan tiga bendungan yang dimiliki PT Vale.

Tiga bendungan yakni, Bendungan Balambano, Bendungan Batu Besi dan Bendungan Karebbe. Teknologi ini telah beroperasi sejak Desember 2019, untuk membantu perusahaan dalam mengoperasikan bendungan dengan aman.

Direktur Energy & Logistics PT Vale, Dahlan, mengatakan RMS sebagai bentuk komitmen perseroan terhadap keselamatan masyarakat sekitar bendungan. Teknologi ini akan memantau keadaan bendungan Balambano, Larona, dan Karebbe selama 24 jam.

Baca Juga : PT Vale IGP Pomalaa Tanam Ribuan Bibit Bakau Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

"Seperti diketahui bahwa PT Vale terletak di daerah dengan aktivitas seismik dan rawan gempa bumi sehingga harus dipastikan keamanan dan integritas bendungan bagi masyarakat sekitar," kata Dahlan.

Dia juga menjelaskan, apabila terjadi keadaan bahaya di sekitar bendungan, teknologi ini akan memberikan peringatan dini yang terhubung ke control room. Setelah itu, manajemen dapat mengambil tindakan cepat untuk merespons peringatan tersebut.

Penerapan teknologi ini dapat menjadi representasi komitmen perseroan terhadap keselamatan karyawan yang bekerja di sekitar bendungan, serta menjamin keselamatan masyarakat yang tinggal di daerah bendungan. "Teknologi ini sangat efektif untuk memantau keamanan pada tiga bendungan tersebut. " jelasnya.

Baca Juga : BKPM Puji Komitmen Praktik Pertambangan Berkelanjutan PT Vale

Setelah presentasi, para peserta terkesan terhadap teknologi ini. Beberapa peserta yang berasal dari berbagai background sempat melakukan diskusi lebih dalam mengenai teknologi tersebut.

"Perusahaan memang sangat menekankan terhadap keselamatan karyawan dan kita harus mendukung dengan terus melakukan sebuah inovasi yang dapat meningkatkan keselamatan kerja karyawan," katanya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, hadir pada event Hexagon LIVE Indonesia 2023.

Baca Juga : CEO PT Vale Dapat Penghargaan Polda Sulsel Berkat Peran Saat Bencana di Luwu

Suharso mengatakan ketersediaan data dari segi perencanaan itu sangat penting. "Data yang akurat itu tentu harus mutakhir, lengkap, kredibel, dan dapat diakses. Karena itu penggunaan data harus sedemikian rupa menjadi bagian dari inklusivitas kemudian harus dapat dibuka untuk dapat dikolaborasikan," tuturnya.

#PT Vale Indonesia