Senin, 02 Oktober 2023 16:31

Pj Wali Kota Bareng Forkopimda Pantau Pasokan dan Harga Bahan Pokok

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Wali Kota Bareng Forkopimda Pantau Pasokan dan Harga Bahan Pokok

Pemantauan ini merupakan salah satu bentuk penanganan inflasi di Kota Palopo.

PALOPO - Penjabat Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH, M.Si, melakukan pemantauan harga sejumlah bahan pokok makanan di Pasar Pusat Niaga Palopo, Senin (2/10/2023).

Pemantauan ini merupakan salah satu bentuk penanganan inflasi di Kota Palopo, sekaligus menanyakan kepada para pedagang terkait dengan penyebab terjadinya kenaikan harga bahan pokok makanan.

Beberapa bahan pokok makanan yang dipantau oleh Asrul Sani, di antaranya sayur-sayuran, ayam potong, ikan, beras, dan telur ayam ras.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Dalam pemantauan bahan pokok makanan ini, Asrul Sani didampingi oleh Kapolres Palopo, AKBP Safi'i Nafsikin, Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf Afriadi Nidjo, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza DP, SH., M.Si, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ilham Hamid, Petugas Satpol PP, sejumlah pimpinan perangkat daerah Kota Palopo, dan Kepala Pasar PNP Palopo.

"Kami ingin memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok makanan di Kota Palopo tetap stabil," ujar Asrul Sani.

"Kami juga ingin mengetahui penyebab kenaikan harga bahan pokok makanan," sambungnya.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Menurut para pedagang, kenaikan harga bahan pokok makanan disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya cuaca yang tidak menentu, kenaikan harga pupuk dan pakan ternak, serta tingginya permintaan pasar.

Usai terlaksananya pemantauan harga bahan pokok makanan di Pusat Niaga Palopo, rencananya dalam waktu dekat ini Pemerintah Kota Palopo bekerjasama dengan Dinas Perdagangan akan menggelar Pasar Murah.

Pasar Murah tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok makanan dengan harga terjangkau.

#pemkot palopo