Minggu, 05 November 2023 13:01

Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Pj. Wali Kota Palopo pada kesempatan itu mengatakan bahwa di Kota Palopo saat ini sudah siap lahan 43 hektar untuk gerakan gemar menanam pisang.

PALOPO --- Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si bersama Pj. Wali Kota Palopo menanam pisang dan melakukan Pencanangan Gerakan Gemar Menanam Pisang (G2MP) Kota Palopo, di Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana, Minggu, 5 November 2023. Kegiatan itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di Kota Palopo.

Pada kesempatan itu, Pj. Gubernur Sulsel juga mencontohkan cara budidaya pisang. Salah satunya dengan cara menghasilkan bibit pohon pisang melalui metode PIF. Pj. Gubernur Sulsel mempraktekkan cara memotong batang pisang dan memperlihatkan salah satu metode memperbanyak bibit pisang kepada penyuluh dan petani.

"Dengan menggunakan metode kultur jaringan, jutaan pohon bisa kita peroleh dari situ, tapi dengan metode ini, metode PIF, sepuluh sampai dua puluh pohon bisa kita ambil dari situ, satu bonggol pisang tadi," jelas dia.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

"Apapun yang kita tanam, masyarakat harus diajari produksi apapun. Jadi jangan biarkan lahan itu kosong. Sayang itu lahan dibiarkan kosong. Apa bedanya orang Amerika sama kita, sama-sama kita badannya kurang lebih sama, bedanya, aset mereka bekerja, jadi hampir tidak ada lahan kosong yang dibiarkan tanpa produksi", ungkapnya.

"Di Sulsel ini kita punya lahan 7 juta (hektar) dan masih ada 2 juta lebih (hektar) yang tidak ada isinya, tidak produktif, ada hasilnya pohon-pohon dan rumput tapi tidak menghasilkan untuk kehidupan masyarakat kita. Kalau lahan ini kita manfaatkan untuk kita tanami apa saja, insya Allah akan mendatangkan kemaslahatan untuk masyarakat kita. Yang kita lakukan ini sebenarnya adalah sesuatu yang sudah ada di masyarakat, tinggal diubah, dieevitalisasi supaya menjadi sesuatu yang menghasilkan", jelasnya.

Pj. Wali Kota Palopo pada kesempatan itu mengatakan bahwa di Kota Palopo saat ini sudah siap lahan 43 hektar untuk gerakan gemar menanam pisang ini. "Sebelumnya juga telah kita programkan gerakan tanam cabai, dan itu kita sudah sebarkan sampai ke kelurahan sebayak 78 ribu bibit cabe", ungkap Pj. Wali Kota Palopo.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Kegiatan itu diikuti Forkopimda kota palopo, Plh. Sekda Kota Palopo, pimpinan instansi vertikal, pimpinan perangkat daerah, Camat dan Lurah serta masyarakat Kota Palopo.

#pemkot palopo