Selasa, 12 September 2023 23:27

Pemda Barru Perkuat Manajemen Berbasis Sekolah dan Komite

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh
Bupati Barru, Suardi Saleh

"Semua pihak harus bersatu hati dan sungguh-sungguh dalam membangun pendidikan, seperti yang terlihat dalam acara ini,"

RAKYATKU.COM, BARRU - Pada Selasa, 12 September 2023, Kabupaten Barru menggelar acara Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan fokus pada penguatan Komite Sekolah di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Tanete Riaja, Kecamatan Pujananting, dan Kecamatan Tanete Rilau. Acara ini berlangsung di Gedung PKG Tanete Riaja.

Bupati Barru, Suardi Saleh, dalam sambutannya, menekankan pentingnya kerja sama dan sinergi antara pihak-pihak yang terlibat dalam pendidikan. Beliau mencatat bahwa Manajemen Berbasis Sekolah telah diterapkan di Kabupaten Barru sejak tahun 2014 dengan dukungan langsung dari United States Agency for International Development (USAID).

Pendampingan dimulai dengan 6 sekolah, terdiri dari 2 SMP dan 4 SD, dan berkembang menjadi 20 sekolah, lalu 40 sekolah, hingga saat ini seluruh sekolah telah menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah dengan baik.

Baca Juga : BLT-DD Cair! 60 Keluarga di Desa Siddo Terima Bantuan Rp300.000

Suardi Saleh juga menyoroti penyusunan visi misi sekolah sebagai dasar fundamental, perencanaan kegiatan yang terstruktur, dan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel, semua berlandaskan prinsip Manajemen Berbasis Sekolah.

Dirinya menegaskan bahwa pendidikan berkualitas harus didukung oleh kualitas yang sama dalam penyelenggaraan pendidikan. Bupati Suardi Saleh juga menyampaikan empat peran penting yang harus dijalankan oleh komite sekolah dalam mendukung pendidikan.

"Untuk mewujudkan pendidikan yang maju di Kabupaten Barru, kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan orang tua sangat penting. Semua pihak harus bersatu hati dan sungguh-sungguh dalam membangun pendidikan, seperti yang terlihat dalam acara ini," tuturnya.

#Pemkab Barru #suardi saleh