Kamis, 09 November 2023 10:10

BI Sulsel Gelar AMBF 2023, Hadirkan Buyer Luar Negeri-Dorong UMKM Go Global

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pembukaan Anging Mammiri Business Fair (AMBF) 2023 di Sandeq Ballroom, Hotel Claro Makassar, 8-9 November 2023. (Foto: BI Sulsel)
Pembukaan Anging Mammiri Business Fair (AMBF) 2023 di Sandeq Ballroom, Hotel Claro Makassar, 8-9 November 2023. (Foto: BI Sulsel)

BI Sulsel menggelar AMBF 2023 di Makassar, menghadirkan 24 exhibitors dari dalam dan luar negeri, termasuk negara-negara tujuan ekspor, dengan tujuan mendorong pertumbuhan ekonomi dan aktivitas ekspor pelaku usaha serta UMKM melalui business matching dan peningkatan kemitraan dengan buyer lokal dan internasional.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelenggarakan Anging Mammiri Business Fair (AMBF) 2023 di Sandeq Ballroom, Hotel Claro Makassar, 8-9 November 2023.

Mengusung tema A Journey to Be A Global Player, hajatan ini merupakan inisiatif BI Sulsel untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan serta meningkatkan aktivitas ekspor bagi pelaku usaha dan UMKM.

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana, mengatakan AMBF 2023 merupakan upaya pengembangan UMKM secara end-to-end. Memberikan exposure UMKM binaan dan mitra untuk dapat melakukan pemasaran, transaksi, maupun kerja sama dalam bentuk business matching kepada pihak buyer lokal maupun internasional menuju UMKM naik kelas dan go global.

Baca Juga : BI Sulsel Siap Dukung Pengembangan Sektor Pertanian, Perikanan, dan Peternakan lewat KUR

"AMBF 2023 ini juga menjadi wujud nyata dari optimisme dan bentuk sinergi lintas stakeholders dalam pengembangan UMKM di Sulsel," ujar Causa.

Pak Cik, sapaan akrab, Causa mengakui bahwa UMKM memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia, dengan 1,5 juta pelaku UMKM yang menyumbang sekitar 98,33 persen dari total pelaku usaha di seluruh negeri.

Di sisi lain, ekspor juga memiliki peran krusial dalam perekonomian Sulsel, dengan andilnya mencapai 10,58 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) triwulan III 2023.

Baca Juga : Gubernur BI Apresiasi Sulsel Sukses Kendalikan Inflasi

AMBF 2023 membawa perubahan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini menampilkan 24 exhibitors dari dalam dan luar negeri, termasuk negara-negara tujuan ekspor, seperti Singapura, Thailand, Malaysia, Turki, Iran, Australia, Mesir, India, dan Tiongkok. Sebagian besar exhibitors adalah buyer dan agregator yang siap menjalin kemitraan dengan pelaku UMKM.

Pihak buyer dan agregator hadir untuk memperluas jejaring, menawarkan katalog, membawa sampel produk, dan melakukan transaksi dagang secara langsung dengan pelaku UMKM. Hal ini memberikan peluang bagi UMKM dengan lebih banyak pihak yang mendukung.

Selain pameran, AMBF 2023 juga mengadakan sesi sharing pengetahuan tentang aktivitas ekspor bagi pelaku UMKM. Para influencer dan pelaku ekspor di Indonesia memberikan wawasan tentang proses dan mekanisme ekspor, serta memberikan tips-tips untuk mencari peluang dari pasar luar negeri.

Baca Juga : Rizki Ernadi Wimanda Resmi Jabat Kepala Perwakilan BI Sulsel

Pembukaan AMBF 2023 turut dihadiri Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan, Since Erna Lamba, serta Ketua Komisi C DPRD Sulsel, Januar Jaury Darwis.

#BI Sulsel #BI Perwakilan Sulsel #Anging Mammiri Business Fair