Rabu, 08 November 2023 08:15

PT Vale Raih Peringkat Emas Asia Sustainability Reporting Rating 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Presiden Direktur PT Vale, Adriansyah Chaniago. (Foto: PT Vale Indonesia)
Wakil Presiden Direktur PT Vale, Adriansyah Chaniago. (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale Indonesia meraih penghargaan Gold Rank in Accordance Category dari Asia Sustainability Reporting Rating (ASSRAT) 2023. Menunjukkan prestasi dalam laporan keberlanjutan mematuhi standar GRI dan peraturan OJK. Penghargaan ini mengakui upaya perusahaan dalam mendukung keberlanjutan, transparansi, dan tanggung jawab sosial.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - PT Vale Indonesia meraih anugerah Gold Rank in Accordance Category dari Asia Sustainability Reporting Rating (ASSRAT) 2023.

Penghargaan diterima Wakil Presiden Direktur PT Vale, Adriansyah Chaniago, melalui seremoni di Raffles Hotel, Jakarta, Senin (6/11/2023).

Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang memiliki laporan keberlanjutan (sustainability report) yang mengikuti standar dari Global Reporting Initiative (GRI Standard) serta mematuhi peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang keterbukaan informasi.

Baca Juga : Pj Bupati Kolaka Apresiasi Peran PT Vale dalam Pembangunan Daerah

Penghargaan ASSRAT 2023 diprakarsai National Center for Corporate Reporting (NCCR). Perhelatan yang dahulu bernama Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) ini telah digelar sejak 2005.

Tahun ini, ASSRAT diikuti puluhan perusahaan dalam negeri dan empat perusahaan asing dari Asia Pasifik, yakni Filipina, Bangladesh, Rusia, dan Australia. Penilaian dilakukan juri dan asesor dari akademisi yang merupakan Certified Sustainability Reporting Specialist.

Chairman NCCR, Ali Darwin, menyatakan laporan keberlanjutan memiliki peranan penting untuk menginspirasi lembaga maupun perusahaan lainnya untuk mengikuti hal yang sama, khususnya dalam menerapkan aksi untuk mengatasi krisis iklim.

Baca Juga : Menlu Retno Praktik Pertambangan Berkelanjutan PT Vale di Sorowako

Menurut Ali, keberlanjutan lebih dari sekadar mengurangi emisi. Keberlanjutan juga terkait tanggung jawab sosial dan resiliensi. Kita harus memastikan ‘no one is left behind’.

“Kita harus memperjuangkan masa depan ketika semua individu memiliki akses kepada udara bersih, air bersih, dan lingkungan yang bersih. Laporan keberlanjutan yang Anda terbitkan mampu menghadirkan inspirasi dan wawasan untuk mengurangi emisi serta mengusung keadilan sosial. Laporan tersebut juga dapat menjadi peta jalan untuk diikuti oleh organisasi atau perusahaan lain,” ungkap Ali.

Wakil Presiden Direktur PT Vale, Adriansyah Chaniago, mengapresiasi penyelenggara ASSRAT 2023. "Kami mengapresiasi penghargaan ASSRAT ini. Rekognisi ini sejalan dengan nilai Vale, yakni open and transparent dialog. Bagi kami, menjalankan praktik pertambangan berkelanjutan adalah satu hal yang penting," katanya.

Baca Juga : Laporan Keberlanjutan 2023, PT Vale Tegaskan Komitmen Net Zero Emission 2050

Selain itu, kata dia, ekspos atau publikasi dari praktik pertambangan berkelanjutan tersebut juga tak kalah penting. Oleh karenanya, PT Vale setiap tahun menaruh perhatian yang serius untuk menyusun laporan keberlanjutan, yang terbuka, transparan, sekaligus dapat menjadi refleksi atau sarana pembelajaran.

Penghargaan ASSRAT ini bukanlah pertama kali diterima PT Vale. Pada 2016, PT Vale meraih penghargaan Commendation for Best Disclosure on Occupational Health and Safety (K3).

Kemudian, pada 2017, PT Vale mendapat Best SR Category Mining and Metal. Berikutnya, pada 2018 dan 2019, PT Vale mendapat penghargaan Platinum, serta 2020 dan 2021 kategori Gold. Pada 2021 pula, PT Vale menerima penghargaan khusus, yakni Four Consecutive Year Participation in ASSRAT.

Baca Juga : PT Vale Perkenalkan Prinsip Pertambangan Kerkelanjutan ke Mahasiswa Studi Lapang UHO

Selain ASSRAT, penghargaan untuk laporan keberlanjutan juga diterima PT Vale pada 20 Maret 2023 lalu dari Foundation for International Human Rights Reporting Standard (FIHRRST) dengan predikat A+.

#PT Vale Indonesia