Selasa, 07 November 2023 08:05

Pemprov Sulsel Gelar Kontes Ayam Ketawa, Berhadiah Jutaan Rupiah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Kontes Ayam Ketawa pada 10 November 2023 untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap ayam ketawa. Kontes berhadiah jutaan ini bertujuan menjaga dan memperbanyak populasi ayam ketawa yang merupakan ayam khas Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemprov) Sulsel akan menggelar Kontes Ayam Ketawa. Lomba yang akan berlangsung, Jumat (10/11/2023), ini memperebutkan Piala Gubernur, selain hadiah uang jutaan rupiah.

Kontes kokok ayam ketawa sendiri acap kali digelar Himpunan Profesi Ornithologi dan Unggas di tingkat nasional dengan nama Kontes Ayam Ketawa Nasional.

Di Sulsel, awalnya ayam ketawa banyak dikembangkan di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap). Namun, seiring kecintaan masyarakat terhadap ayam khas Sulsel itu, kemudian terus dikembangkan di berbagai daerah di Sulsel.

Baca Juga : 16 Desa di Luwu Masih Terisolir Jadi Perhatian BNPB

Saat ini, khusus pejantan populasinya hanya 4.000 ekor. Mendukung kecintaan masyarakat terhadap ayam khas tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, lewat Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, akan menggelar kontes ayam ketawa tingkat provinsi.

"Dinas Peternakan akan buat kontes ayam ketawa. Saya mau lombakan, tujuannya apa? Ini ayam khas kita, populasinya tidak terlalu banyak, tinggal 4.000-an jantannya, jangan sampai punah, kan," ungkap Pj Gubernur Bahtiar di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Senin (6/11/2023).

Menurut Bahtiar, kontes ayam ketawa ini sebagai upaya untuk menambah kecintaan masyarakat terhadap ayam ketawa dan agar terjaga populasinya.

Baca Juga : BNPB Beri Bantuan DSP Rp 2,5 Miliar Beserta Logistik untuk Bencana di Sulsel

"Maka kita edukasi dengan konteskan, nanti 10 November (2023) kita rangkaikan untuk memberikan motivasi para peternak. Kontes ini memperebutkan Piala Gubernur," katanya.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin