Senin, 06 November 2023 08:15

Pemprov Sulsel Masif Lakukan Perekaman KTP-el, Persiapan Menuju Pemilu 2024

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Layanan perekaman dan penginputan mobile KTP-el di Gedung Serbaguna Rio Rennu, Kelurahan Larompong, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Ahad (5/11/2023). (Foto: Pemprov Sulsel)
Layanan perekaman dan penginputan mobile KTP-el di Gedung Serbaguna Rio Rennu, Kelurahan Larompong, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Ahad (5/11/2023). (Foto: Pemprov Sulsel)

Pemprov Sulsel proaktif melakukan perekaman KTP-el sebagai persiapan menuju Pemilu 2024. Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin mendesak seluruh kabupaten/kota di Sulsel untuk mengejar waktu dan memberikan pelayanan serta sosialisasi yang aktif, memastikan warga yang berusia 17 tahun melakukan perekaman demi hak pilihnya dalam perhelatan politik.

RAKYATKU.COM, LUWU - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, meninjau layanan perekaman dan penginputan mobile KTP-el di Gedung Serbaguna Rio Rennu, Kelurahan Larompong, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Ahad (5/11/2023).

Hadir Kepala Dinas Dukcapil Sulsel, M. Iqbal S. Suhaeb; Bupati Luwu, Basmin Mattayang; dan Kepala Dinas Dukcapil Luwu, Andi Darmawangsa Rahim. Sebanyak 800 target layanan, termasuk bagi mereka yang baru akan memiliki KTP.

"Akhirnya akan punya KTP-el yang nanti bisa dipakai untuk berbagai keperluan, termasuk untuk bisa memilih," kata Mawar, salah satu warga yang ikut perekaman.

Baca Juga : Hadiri Peringatan HUT Jeneponto, Pj Ketua TP PKK Sulsel Serahkan Sejumlah Bantuan

Rata-rata yang datang mendaftar adalah siswa SMA kelas 3 dan mengaku sangat senang dapat memiliki kartu identitas kependudukan tersebut.

"Baru pertama kali urus, harapanku mudah urusan-urusan (administrasi)," kata Sulfianti Salsabila, warga lainnya.

Pj Gubernur Bahtiar mengucapkan terima kasih kepada Bupati Luwu yang proaktif melalukan pelayanan pendaftaran penduduk, dalam hal ini perekaman KTP-el bersama jajaran Dinas Dukcapil Sulsel dan Dinas Dukcapil Luwu.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Buka Musrenbang RPJPD dan RKPD Tahun 2025, Target Pertumbuhan Ekonomi Hingga 6,82 persen

"Memang kita harus agak agresif. Karena memang waktu untuk Pemilu (2024) tinggal tiga bulan lagi, jadi jangan terlalu lama. Jangan sampai nanti ada warga kita yang semestinya bisa menggunakan hak pilihnya terhambat karena belum melakukan perekaman," katanya.

Ia meminta seluruh kabupaten/kota di Sulsel melakukan hal yang sama, menjemput bola untuk memberikan pelayanan serta aktif melakukan sosialisasi.

"Yang belum terekam ini bisa dilakukan dalam tempo yang cepat. Saya lihat tadi prosesnya cepat," ucapnya.

Baca Juga : Silaturahmi Perwakilan Buruh Se Sulsel dengan Penjabat Gubernur

"Dengan menempatkan pelayanan turun ke kecamatan, insyaallah ini bagian pelayanan masyarakat kita," imbuhnya.

Kepala Dinas Dukcapil Sulsel, M. Iqbal S. Suhaeb, mengatakan saat ini di Luwu masih terdapat 7.000 orang yang belum melakukan perekaman, yang pada waktu pemilu telah memasuki usia 17 tahun.

Bupati Luwu, Basmin Mattayang, mengatakan pendataan ini perintah undang-undang. "Jadi, kami mengajak mereka untuk menggunakan hak pilihnya pada event-event perhelatan politik," ucapnya.

#Pemprov Sulsel