Senin, 30 Oktober 2023 13:29

Sukses Gelar Job Fair SMK Telkom Makassar Ajak 18 Instansi

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sukses Gelar Job Fair SMK Telkom Makassar Ajak 18 Instansi

Kalau sistem pendidikan yang kami terapkan di SMK telkom 30?lajar teori dan 70% praktek selain itu ditambah dengan ekstrakurikuler untuk menambah Soft skil siswa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Telkom Makassar menggelar Bursa lapangan kerja ( Job Fair) di area SMK Telkom Makassar.

Job Fair digelar selama dua hari, sabtu dan minggu, 28-29 oktober 2023, terbuka untuk umum.

Bursa lapangan kerja yang digelar di SMK Telkom merupakan kegiatan perdana yang akan dijadikan sebagai agenda tahunan.

Baca Juga : Kini Giliran SMK Telkom Makassar di Sambangi Tim ASMO dalam Program "Honda on Skul Cari Jagoan"

Menurut Kepala SMK Telkom Makassar, Drs. Abdul Halim Samad kepada Rakyatku.com kegiatan ini merupakan tindak lanjut sekolah untuk memperkenalkan dunia industri kepada siswa, dimana selama mereka menempuh pendidikan mereka harus mulai mempersiapkan diri agar ke depannya mental mereka siap untuk bersaing di dalam dunia industri.

"Sebagai sekolah menengah kejuruan yang sudah mengantongi predikat sebagai Sekolah pusat unggulan, SMK Telkom Makassar tidak hanya melahirkan pelajar yang unggul secara akademik tetapi secara soft skil juga mumpuni sehingga mudah terserap di industri, yang kami harapkan semua alumni kami terserap di industri karena, itu sekolah wajib membekali mereka,"tambahnya

SMK Telkom Makassar menerapkan tiga hal kepada anak didik yakni anak didik harus bekerja, atau melanjutkan kejenjang pendidkan yang lebih tinggi atau berwirausaha.

Baca Juga : Kini Giliran SMK Telkom Makassar di Sambangi Tim ASMO dalam Program "Honda on Skul Cari Jagoan"

Ayu Rismayanti Staf Hubungan Industri SMK Telkom Makassar menambahkan pada pameran bursa kerja ada 18 industri yang ikut pameran selama dua hari.

"Masing-masing industri menjelaskan company profilnya sehingga para pelamar bisa mengetahui lebih jelas tentang perusahaan yang akan dilamar, selain itu ada talkshow yang membahas tentang apa saja yang akan disiapkan para pelamar saat akan melamar pekerjaan, alhamdulilah pengunjung bursa kerja job fair mencapai 500 orang selama dua hari" ujarnya.

Semoga kegiatan ini akan memberikan edukasi dan bekal kepada para pelamar tentang dunia industri seperti apa, bursa kerja ini akan jadi agenda yang akan dilakukan secara kontinyu.

Baca Juga : Kini Giliran SMK Telkom Makassar di Sambangi Tim ASMO dalam Program "Honda on Skul Cari Jagoan"

Sedangkan mewakili Industri Ketua DPD AHLI, Sjaiful Bachri mengungkapkan dukungannya atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga kedepannya makin banyak industri yang bisa ikut dan kegiatan ini bisa berkolaborasi dengan sekolah-sekolah lain yang ada di Makassar sehingga skalanya lebih besar.

Penerimaan Siswa Baru

SMK Telkom Makassar yang berada dibawah naungan Telkom saat ini sudah membuka Pendaftaran siswa baru gelombang I tahun ajaran 2024/2025 sejak 1 oktober 2023 yang akan ditest pada 4 november 2023.

Baca Juga : Kini Giliran SMK Telkom Makassar di Sambangi Tim ASMO dalam Program "Honda on Skul Cari Jagoan"

"Untuk Tahun ajaran baru 2024/2025 kami menyiapkan kuota sebanyak 400 dan saat ini sudah ada 100 pendaftar di gelombang I yang akan mengikuti test 4 november 2023 ini. Selanjutnya akan dibuka lagi gelombang ke II, ujar Kepala SMK Telkom Makassar Drs. Abdul Halim Samad.

Lanjut katanya, ditengah maraknya sekolah swasta yang buka, tentu menjadi tantangan tersendiri buat SMK Telkom untuk terus hadir memberilan pendidikan yang mumpuni baik secara kurikulum utama maupun ekstrakurikuler yang turut membantu menambah kemampuam siswa, selain itu terbuka untuk bekerjasama dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta.

"Kalau sistem pendidikan yang kami terapkan di SMK telkom 30% belajar teori dan 70% praktek selain itu ditambah dengan ekstrakurikuler untuk menambah Soft skil siswa," tambahnya.

Baca Juga : Kini Giliran SMK Telkom Makassar di Sambangi Tim ASMO dalam Program "Honda on Skul Cari Jagoan"

Fasilitas yang dimiliki

SMK Telkom Makassar memiliki beberapa laboratorium, memiliki kelas yang nyaman karena dilengkapi dengan AC disetiap kelas, untuk masing-masing kelas terdiri dari 30-35 siswa, gratis akses wifi, dilengkapi dengan CCTV yang memudahkan untuk mengawasi aktivitas siswa, perangkat multimedia dan IT yang lengkap yang sama digunakan di industri seperti di kantor Telkom dan Telkomsel, tidak lagi menggunakan papan tulis konvensional tetapi LCD dan papan kaca.

"Mari kita konsisten melatih dan mendidik anak-anak kita sehingga generasi muda diera Indonesia emas bisa punya andil dalam proses pembangunan bangsa sehingga menjadi kesempatan bagi anak makassar untuk menunjukkan jati dirinya baik ditingkat nasional maupun international dengan karya-karyanya, " tutupnya.

#SMK TELKOM #job fair #bursa kerja SMK Telkom