Sabtu, 28 Oktober 2023 23:37

OJK Sulampua Gelar Fin Expo BIK 2023, Usung Tema Akses Keuangan Merata Keluarga Sejahtera

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala OJK sulampua Darisman saat memberikan sambutan pembukaan Fin Expo BIK 2023, sabtu(28/10)
Kepala OJK sulampua Darisman saat memberikan sambutan pembukaan Fin Expo BIK 2023, sabtu(28/10)

OJK bersama pemerintah provinsi Sulsel dan perbankan, berkomitmen memberi kemudahan masyarakat untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani, peternak, nelayan dan penjual ikan atau pagandeng bale/juku.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Finance Expo 2023 kembali digelar. Kali ini Makassar jadi Tuan Rumah peringatan Bulan inklusi Keuangan (BIK). Kegiatan ini digelar selama dua hari sabtu dan minggu, 28-29 oktober 2023 di Anjungan Pantai Losari Makassar.

Dalam kesempatan ini, Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan terimakasih kepada panitia karena telah memilih Makassar sebagai Tuan rumah pelaksanaan FinExpo 2023. Walaupun kondisi kota Makassar saat ini dibeberapa ruas jalan sangat padat, inilah bukti bahwa perputaran ekonomi di kota Makassar baik.

"Jika melihat data pertumbuhan ekonomi kota Makassar tahun 2022 Makassar mencapai 8,9% jauh diatas Nasional dan tahun 2023 pun cukup baik, hingga agustus 2023 Makassar sudah mencapai 5,4%," ujar orang nomor 1 di Makassar

Baca Juga : Dorong Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, OJK Siap Masuk ke Lorong Wisata

Lanjut kata DP sapaan akrapnya ada 2027 lorong yang dibentuk dan dihidupkan pemerintah kota untuk melahirkan umkm-umkm yang menjadi penopang ekonomi Makassar, melahirkan inkubator umkm sehingga lahir dan bertumbuh startup-startup.

"Tema BIK 2023 malam ini yakni Akses Keuangan Merata Keluarga Sejahtera sejalan dengan program pemerintah, melahirkan umkm-umkm mulai dari lorong-lorong masyarakat berpenghasilan akhirnya membantu perekonomian keluarga," ujarnya.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan(OJK) Sulampua Darisman dalam sambutannya mengungkapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama pemerintah provinsi Sulsel dan perbankan, berkomitmen memberi kemudahan masyarakat untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani, peternak, nelayan dan penjual ikan atau pagandeng bale/juku.

Baca Juga : OJK Regional VI Laporkan Kinerja Jasa Keuangan Tumbuh Positif

”Saat ini sudah ada skema kerjasama Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dengan OJK dan perbankan, dalam hal ini BRI, BNI, Mandiri, Sulselbar dan BSI, untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh KUR,”kata Kepala OJK Regional VI Sulampua, Darwisman saat membuka BIK 2023, Sabtu (28/10/2023) malam.

Menurut Darwisman, masyarakat bisa dengan mudah mengakses KUR untuk budidaya pisang cavendis, yang dibayarkan setelah panen, dengan bunga 6 persen pertahun, KUR usaha mikro dengan plafom anggaran maksimal Rp100 juta perhektare.

Juga akses KUR super mikro untuk pak gandeng bale atau juku’ dengan plafon anggaran maksimal Rp10 juta, dengan bunga hanya 3 persen.

Baca Juga : Waspada! Investasi Bodong Semakin Menggeliat Jelang Pembayaran THR

Darwisman mengaku sangat bersyukur dengan adanya terobosan baru Pj Gubernur Sulsel, mempermudah masyarakat petani, nelayan, peternak bahkan pak gandeng juku’ untuk mendapatkan pinjaman modal dengan skema KUR.

“Kami sangat sangat bersyukur ada sebuah terobosan baru, yang didorong oleh bapak Pj Gubernur Sulsel,” ujarnya.

Ia berharap, setiap daerah bisa membangun pertumbuhan ekonomi baru, lewat skema KUR tersebut.

Baca Juga : Kinerja Industri Keuangan Tumbuh Positif, Kepala OJK Sulampua :Total Aset Perbankan Januari 2023 Rp172,47 Triliun (Yoy)

Apalagi, saat ini masih tersedia Rp8 triliun dari lima perbankan, siap memberikan pinjaman kepada masyarakat.

“Kita sudah bangun ekosistem ekonomi, kita sudah membangun ekosistem mulai dari hulu sampai ke hilirnya,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyampaikan, terimakasih kepada pimpinan OJK Wilayah Sulampua, atas responnya terhadap kebutuhan masyarakat Sulsel, yang berprofesi sebagai pa gandeng ikan.

Baca Juga : Kunjungi REI Expo di Mal Ratu Indah Sekarang, Dapatkan UTJ Mulai Rp65 Ribu dan DP Nol Persen

“Sebagai Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, saya mengucapkan terimakasih kepada pimpinan OJK wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua dan tim,” ungkap Bahtiar.

#OJK Sulampua #FIN Expo 2023 #BIK 2023