Jumat, 20 Oktober 2023 14:16

PT Vale Jaring Mahasiswa Terbaik Unhas Ikuti Program Co-ops

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PT Vale Indonesia melakukan proses interview di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unhas, Rabu (18/10/2023), untuk memilih mahasiswa terbaik mengikuti program co-ops. (Foto: PT Vale Indonesia)
PT Vale Indonesia melakukan proses interview di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unhas, Rabu (18/10/2023), untuk memilih mahasiswa terbaik mengikuti program co-ops. (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale Indonesia bekerja sama Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan seleksi ketat untuk memilih 10 mahasiswa terbaik Unhas dalam program co-ops, memberi mereka peluang untuk menjalani praktik kerja lapangan hingga enam bulan di PT Vale.

RAKYATKU.COM, MAKASSARPT Vale Indonesia menjadi rumah bagi talenta muda terbaik untuk mengembangkan diri dan meningkatkan skill dalam menapaki dunia kerja sesungguhnya.

Mewujudkan komitmen itu dan merealisasikan kerja sama yang sudah disepakati dengan Universitas Hasanuddin (Unhas), PT Vale melaksanakan proses penerimaan co-ops berupa program praktik kerja lapangan untuk mahasiswa Unhas hingga enam bulan lamanya.

Setelah melalui proses seleksi ketat oleh pihak Unhas, sampailah pada tahapan seleksi oleh PT Vale dengan melakukan interview melibatkan 30 mahasiswa terpilih di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unhas, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga : PT Vale IGP Morowali Gelar Halalbihalal, Perkuat Silaturahmi Pemangku Kebijakan Lokal

Head of People and Culture PT Vale Indonesia, Gustaf Ganna Songgo, menjelaskan selama seharian melakukan tes wawancara, pihaknya tidak cuma menguji, tetapi juga mendapat banyak masukan dan ide-ide baru dari para talenta muda Unhas.

"Mereka ini banyak mengkritisi, memberi pandangan dan ide-ide tentang apa yang harus dilakukan PT Vale untuk bisa lebih baik lagi. Kami optimis, mereka nantinya bisa membantu perseroan untuk lebih baik. Apalagi, mereka ini sebelumnya diseleksi oleh pihak kampus Unhas dari total 167 orang kandidat," ujarnya.

Ia menjelaskan total ada 30 peserta yang mendapat undangan, tetapi 2 orang berhalangan hadir. Dari 28 orang ini, sebanyak 9 orang atau 32 persen adalah talenta lokal Luwu Timur yang berkuliah di Unhas.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

"Selain itu, yang menarik karena sekitar 53 persen dari total peserta yang kita wawancarai adalah talenta perempuan," ungkap Gustaf.

Dari 30 orang tersebut, kata dia, PT Vale akan menyeleksi menjadi 10 orang terbaik untuk melakukan praktik kerja. "Seperti praktik kerja lapangan atau PKL pada umumnya, tapi mereka akan didampingi mentor berpengalaman dan diberi penugasan mengerjakan proyek yang bisa membantu proses pembelajaran mereka. Selain itu, mereka akan dibimbing oleh dua dosen dari Unhas," bebernya.

Senior Manager Talent Management PT Vale, Ragil Savitry, menambahkan 10 orang tersebut berdasarkan kebutuhan tenaga PT Vale di beberapa unit atau departemen.

Baca Juga : Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Lutim, Bupati: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

"Mereka yang kita tes adalah mahasiswa dari S1 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Geologi, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Industri, dan S1 Psikologi," ungkap Ragil.

Co-ops yang dilaksanakan merupakan bagian dari roadshow PT Vale di Unhas. Ini merupakan bentuk kerja sama yang kembali dirajut PT Vale dan Unhas setelah kurang lebih terputus dalam 10 tahun terakhir.

"Kita kembali membangun kerja sama co-ops ini, karena kita sadar, co-ops yang digelar sekitar tahun 2000-an banyak memberi manfaat. Alumni co-ops waktu itu bahkan sudah ada yang jadi karyawan tetap PT Vale," jelas Wakil Ketua Tim Co-ops Unhas, Ilham Alimuddin.

Baca Juga : PT Vale Sumbang 4.000 Bibit untuk Sedekah Pohon Pemprov Sulsel

Menurut Ilham, kerja sama ini saling menguntungkan bagi kedua pihak. "Unhas bisa mengambil pembelajaran dari perusahaan industri, PT Vale bisa mendapat masukan dari kalangan akademisi," tuturnya.

Ia mencontohkan, saat kerja sama pertama dengan PT Vale beberapa tahun silam, Ilham yang punya keahlian dalam geografi, berperan membangun basis data. "Jadi, co-ops ini sangat bermanfaat karena hampir semua peserta yang ikuti program waktu itu, hampir 90 persen diserap INCO (PT Vale)," ungkapnya.

Mendukung aktivitas operasional PT Vale, Unhas pun mengirim mahasiswa-mahasiswa terbaik dari jurusan yang dibutuhkan untuk diseleksi.

Baca Juga : RUPSLB PT Vale, Emily Olson Jadi Presiden Komisaris Baru

"Mereka ini banyak yang mendaftar, lebih dari 150 orang, terus disaring oleh tim co-ops Unhas lalu kita ambil 30 orang," bebernya.

Ia pun mengapresiasi PT Vale karena bukan cuma memberi kesempatan bekerja untuk mahasiswa, tetapi juga membantu beasiswa mahasiswa hingga bantuan CSR.

Salah satu peserta, Alya Azzura, dari Prodi Psikologi, mengaku senang mendapat kesempatan mengikuti seleksi praktik kerja lapangan di PT Vale.

Baca Juga : RUPSLB PT Vale, Emily Olson Jadi Presiden Komisaris Baru

"Saya berharap mendapat banyak pengalaman dari kegiatan ini. Saya punya disiplin ilmu psikologi yang tentu berbeda dengan di PT Vale yang bergerak di bidang pertambangan," ucapnya.

#PT Vale Indonesia