Jumat, 20 Oktober 2023 09:35

Oknum Mengaku Bupati Luwu Utara Meminta Donasi, Warga Diminta Waspada

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Pemkab Luwu Utara)
(Foto: Pemkab Luwu Utara)

Seorang oknum mengaku sebagai Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dan meminta donasi melalui akun Facebook dan WhatsApp palsu dengan mengatasnamakan yayasan dan masjid. Warga diminta waspada terhadap penipuan tersebut dan diimbau untuk tidak percaya pada permintaan donasi yang tidak resmi.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Modus penipuan yang mengaku-ngaku sebagai Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, kembali terjadi. Bukan hanya dengan membuat akun Facebook, tetapi juga dengan membuat akun WhatsApp.

Akun tersebut bertuliskan nama Indah dengan nomor +6285608767815, +6283137853049, dan juga memasang foto bupati berakronim IDP itu sebagai gambar profil atau profil picture.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) Luwu Utara, Nursalim Ramli, memastikan akun WhatsApp dengan dua nomor tersebut bukan Bupati Luwu Utara.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

"Oknum yang menggunakan nomor tersebut mengaku sebagai Ibu Bupati dan menyebar pesan ke sejumlah orang via aplikasi WhatsApp. Oknum itu bermaksud menggalang donasi berupa uang untuk yayasan dan masjid," kata Nursalim, Kamis (19/10/2023).

Nursalim menegaskan siapa pun yang mengatasnamakan Bupati Luwu Utara untuk meminta donasi dalam bentuk apa pun adalah tindakan penipuan.

"Itu adalah tindakan penipuan. Saya sampaikan bahwa itu bukan Bupati Luwu Utara,” tegas Nursalim.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Nursalim juga mengimbau terutama bagi mereka yang aktif di media sosial, untuk waspada agar tidak menjadi korban penipuan yang dilakukan oknum atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, salah satu korban, Irwan, mengaku menerima pesan WhatsApp dari oknum tersebut.

"Orang ini mengaku sebagai Ibu Bupati, fotonya pun menggunakan foto Ibu Bupati dan mengatasnamakan yayasan untuk donasi. Mungkin saya terlalu ngefans sama Ibu sehingga saya kira betul dari Ibu Bupati," jelas Irwan saat dihubungi via direct message Instagram.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani