Selasa, 17 Oktober 2023 08:15

Pj Gubernur Sulsel Ingatkan ASN Larangan Terlibat Politik Praktis di Pemilu 2024

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin. (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin. (Foto: Pemprov Sulsel)

Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, tegas melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai non-ASN terlibat politik praktis di Pemilu 2024 dengan ancaman sanksi tegas. Ia juga menekankan pengawasan yang ketat terhadap aktivitas ASN di media sosial melalui tim patroli siber.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, kembali menegaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang memberi dukungan atau melakukan kegiatan yang mengarah pada politik praktis pada kontestasi politik.

Bahtiar menyampaikan itu pada pelaksanaan ikrar bersama dan penandatanganan pakta integritas netralitas ASN di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Senin (16/10/2023). "Jika ada ASN dan non-ASN yang tidak netral, maka akan diberikan sanksi tegas," kata Bahtiar.

Ia pun mengingatkan saat ini ada tim patroli siber yang mengawasi unggahan ASN di media sosial.

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Lantik Penjabat Ketua PKK dan Dekranasda Pinrang

"Kawan-kawan, sekarang ada tim patroli siber. Media sosial, bahkan WhatsApp, semua dipantau. Hari ini sudah ada kerja sama antara Bawaslu dengan kepolisian dengan teman-teman intelijen dan aparat lainnya," pesan Direktur Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini.

"Jangankan untuk mendukung salah satu calon di pemilu dan pilkada serentak 2024, memberikan tanda like atau suka terhadap postingan foto atau tanda gambar salah satu dari peserta pemilu dan pilkada serentak, maka bisa terkena sanksi," sambungnya.

Tidak hanya kepada ASN, Bahtiar mengatakan larangan ini juga berlaku bagi pegawai non-ASN karena gajinya dibayar menggunakan uang negara. Makanya, ia menginstruksikan kepada Pj Sekda Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, untuk mengumpulkan para pegawai non-ASN dan memberikan mereka pengarahan terkait aturan ini.

Baca Juga : Ahmadi Akil Dilantik Jadi Penjabat Bupati Pinrang

"ASN harus tegak lurus pada konstitusi dan wujudnya adalah netral dalam pemilu dan pilkada serentak 2024," ucapnya.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin