Minggu, 15 Oktober 2023 23:12

Wakil Rektor I, Dr Rakhim Nanda Buka Masa Orientasi Mahasantri Pesmadina Unismuh Tahun Binaan 2023/2024

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Rektor I, Dr Rakhim Nanda Buka Masa Orientasi Mahasantri  Pesmadina Unismuh Tahun Binaan 2023/2024

"Manusia diciptakan bermula dari sari pati yang berasal dari tanah kemudian sari pati itu menjadi nutfah yang disimpan dalam rahim"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR--Pesantren Mahasiswa K.H Djamaluddin Amien (Pesmadina) Unismuh Makassar kembali melakukan acara penyambutan mahasantri binaan baru tahun 2023/2024 atau Istiqbal Ath Tullab Al Judud, Sabtu 14 Oktober 2023.

Tema kegiatan ini " Implementasi The Nine Golden Habbits, Mewujudkan Mahasantri Berkajuan".

Kegiatan Istiqbal Ath Tullab Al Judud dilaksanakan di Masjid Subulussalam Al-Khoory Unismuh Makassar selama dua hari, Sabtu- Ahad (14-15) Oktober 2023.

Baca Juga : Unismuh Makassar Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, Perundungan, serta Intoleransi

Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda yang membuka acara ini, mengupas beberapa surah dalam alquran terkait dengan proses penciptaan manusia.

Disebutkan Surah Al- Mu'minum ayat 12-14 dan dalam ayat ini menerangkan bahwa manusia diciptakan bermula dari sari pati yang berasal dari tanah kemudian sari pati itu menjadi nutfah yang disimpan dalam rahim.

Lalu kemudian surah As-Sajdah ayat 9, bahwa kemudian dia menyempurnakannya dan meniupkan roh (ciptaan)Nya kedalam (tubuh)Nya dan dia menjadikan pendengaran, penglihatan dan hati, bagimu (sedikit) sekali kamu bersyukur.

Baca Juga : Ketua IKA Unismuh Raih Gelar Doktor dari Prodi S3 Pendidikan Agama Islam

Tiga potensi dasar manusia, yakni pendengaran, penglihatan dan hati inilah yang wajib dipertanggung jawabkan kepada Allah pada hari kemudian.

Bentuk pertanggungjawaban sebut Rakhim Nanda adalah bertindak berdasarkan ilmu yang bisa ditangkap oleh pendengaran, penglihatan dan hati. Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui pastikan dan verifikasi (akan kebenarannya) karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani semua itu dimintai pertanggungjawabannya dan cara membinanya ketiga potensi ini adalah dengan ilmu pengetahuan.

Lalu dipertegas lagi dalam Surah Al- A'raf ayat 179 disebutkan dan sungguh kami isi neraka jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati tetapi tidak dipergunakan untuk memahami ayat-ayat Allah dan mereka memiliki mata tetapi tidak dipergunakan untuk melihat tanda-tanda kekuasaan Allah dan mereka mempunyai telinga tetapi tidak dipergunakan untuk mendengarkan ayat-ayat Allah mereka seperti hewan ternak dan bahkan lebih sesat lagi.

Baca Juga : Siswa SMA se-Gowa Ikuti Launching PMB di Kampus Unismuh Makassar

Sementara Ketua Aslama PTMA, H Dr Irwan Baadillah, M. Pd sekaligus mewakili Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, dalam sambutannya melalui zoom, menyebutkan atas nama Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah menyambut baik dan gembira atas penyambutan Mahasantri binaan Pesmadina Unismuh Makassar.

Kepada orang tua Mahasantri, Irwan Baadillah menyampaikan Aslama PTMA telah menaungi 51 Aslama PTMA se Indonesia dan Pesmadina Unismuh adalah yang terbaik karena programnya yang terus meningkat serta bersinergi dengan program lainnya di fakultas.

"Inilah keistimewaannya Pesmadina Unismuh Makassar dibandingkan dengan Aslama lainnya di Indonesia, "puji Irwan Baadillah.

Baca Juga : Kembangkan Sistem Informasi Kekayaan Alam bagi Warga Desa Lakatong, Unismuh Makassar Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

Dikatakan, mahasiswa kedokteran yang dibina oleh Pesmadina adalah mahasiswa calon dokter yang diharapkan memiliki pemahaman agama yang kuat.

Ketua Konsorsium Pesmadina, Sitti Chaerani Djaya, S. Sos, M. Pd, dalam pengantarnya menyebutkan tujuan dari orientasi mahasanri binaan Pesmadina Unismuh tahun 2023/2024 sebagai ajang silaturahmi karena tinggal bersama di Pesmadina selama 1 tahun untuk mahasiswa Kedokteran dan 4 tahun bagi mahasiswa PUT.

Kegiatan ini juga bertujuan sebagai wadah orientasi, pencerahan informasi baik yang sudah di Pesmadina maupun yang belum masuk di Pesmadina.

Baca Juga : Gelar Milad Muhammadiyah ke-111, Rektor Unismuh : Alam Semesta Perlu Dijaga Untuk Penghuni Bumi

Serta kehadiran Pesmadina untuk menyiapkan kader beliau sebagai pilar utama Muhammadiyah.

"Mahasiswa Pesmadina akan terus dibina untuk dibentuk karakternya seperti salat berjamaah, puasa sunnat, dan kebiasaan berinfaq inilah, yang ditanamkan selama pembinaan di Pesmadina, " ujar Sitti Chaerani.

Ketua Panitia Hisbullah Salam, S. Pd, M. H, melaporkan jumlah mahasantri binaan baru Pesmadina sebanyak 324 orang, terdiri dari 263 mahasiswa kedokteran dan mahasiswa PUT sebanyak 61 orang.

Baca Juga : Gelar Milad Muhammadiyah ke-111, Rektor Unismuh : Alam Semesta Perlu Dijaga Untuk Penghuni Bumi

Acara ini juga diisi dengan acara pengajian yang dibawakan oleh Kiai Pesmadina, Dr KH Abbas Baco Miro, Lc, MA. Kemudian diisi sambutan Dekan FKIK Unismuj, Prof Dr Dr Suryani As'ad, M. SC, Sp, GK melalui zoom.

Turut hadir tim Konsorsium Pesmadina Unismuh Makassar, H Lukman Abdul Shamad Lc, Juga hadir, Dr Dara Ugi M.Kes dari FKIK.(**)

#Mahasantri #unismuh