Senin, 16 Oktober 2023 21:11

Suardi Saleh Buka Pelatihan Tenaga Kerja Kejuruan Menjahit dan Service Sepeda Motor

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Suardi Saleh Buka Pelatihan Tenaga Kerja Kejuruan Menjahit dan Service Sepeda Motor

"Saya harap seluruh peserta pelatihan mengikuti kegiatan ini dengan baik. Bukan hanya karena sertifikatnya tapi yang utama adalah keterampilannya"

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh secara resmi membuka kegiatan pelatihan berbasis kompetensi tenaga kerja terampil kejuruan menjahit, kejuruan otomotif, service sepeda motor injeksi.

Pembukaan pelatihan yang dilaksanakan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BPVP) kerjasama Pemda Barru melalui Dinas Ketenaga Kerjaan, di Balai Latihan Kerja (BLK) Kab Barru, Senin (16/10/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud perhatian Pemerintah Daerah dalam upaya membekali SDM dengan ilmu pengetahuan khususnya keterampilan menjahit dan servis otomotif bagi warga.

Baca Juga : Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

Bupati berharap kepada seluruh peserta pelatihan ini supaya fokus dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan tersebut, agar supaya apa yang diajarkan oleh para pelatih atau pembimbing bis dipahami dengan baik.

"Saya harap seluruh peserta pelatihan mengikuti kegiatan ini dengan baik. Bukan hanya karena sertifikatnya tapi yang utama adalah keterampilannya. Sehingga nantinya bisa menjadi vioner dalam membuka lapangan kerja, minimal untuk lapangan kerja sendiri," harap Bupati.

Bupati pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan melalui BPVP Pangkep yang telah mengalokasikan paket pelatihan ini di Kabupaten Barru. Kedepan, Bupati berharap Barru akan terus mendapatkan perhatian dari BPVP Pangkep.

Baca Juga : Bupati Janji Umrah, Kafilah Barru Berlaga di MTQ XXXIII Sulsel Target Raih Prestasi

"Barru saat ini disamping BLK ini, Juga telah memiliki 14 BLK Komunitas yang telah difasilitasi Anggota DPR RI Hj. Hasnah Syam yang tersebar di 6 Kecamatan. Untuk itu kami berharap pihak BPVP Pangkep turut memberi perhatian dan bimbingan dalam rangka pengembangannya," tutup Bupati.

Sementara, Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BPVP) Pangkep, Sudarsono mengapresiasi Bupati Barru atas kepedulian dalam mempersiapkan SDM terampil. Pihaknya terus mendorong Pemda Barru untuk melengkapi sarana dan prasarana BLK sehingga ke depan bisa dialokasikan paket pelatihan yang lebih banyak lagi.

Ketua Panitia, M. Istiqlal dalam laporannya mengatakan bahwa, kegiatan ini akan dilaksanakan selama 20 hari atau 160 jam yang diikuti oleh 16 orang peserta pelatihan menjahit dari Kecamatan Tanete Rilau dan 16 orang peserta pelatihan servis otomotif dari Kecamatan Barru yang dipusatkan di BLK Barru.

Baca Juga : Jambore Pendidikan Barru Digelar di Kaki Gunung Nepo, Bupati Janji Akses Jalan Segera Diperbaiki

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama pelatihan berbasis kompetensi antara BPVP Pangkep dengan Camat Barru dan Camat Tanete Rilau.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Kab Barru Yossi Febrisia, Camat Barr, Hilmanida, Camat Tanete Rilau Akmaluddin, dan pejabat struktural dan fungsional Disnaker Barru.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh