Senin, 16 Oktober 2023 09:03

Pj Gubernur Sulsel Terkesan Potensi Kebun Raya Pucak, Ajak Tingkatkan Konservasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin (kanan), saat kunjungan ke Kebun Raya Pucak, Tompobulu, Kabupaten Maros, Ahad (15/10/2023).
Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin (kanan), saat kunjungan ke Kebun Raya Pucak, Tompobulu, Kabupaten Maros, Ahad (15/10/2023).

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, terkesan potensi Kebun Raya Pucak, Kabupaten Maros, sebagai kawasan konservasi multifungsi dengan 700 jenis tanaman, termasuk tanaman khas Sulsel dan herbal, yang mendukung pendidikan, penelitian, pariwisata, dan jasa lingkungan.

RAKYATKU.COM, MAROS - Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, melakukan kunjungan ke Kebun Raya Pucak, Tompobulu, Kabupaten Maros, Ahad (15/10/2023). Kebun ini milik Pemprov Sulsel.

"Ternyata aset Sulsel luar biasa sekali. Kebun Raya Pucak kawasan yang luar biasa, kawasan konservasi yang layak untuk dikembangkan," kata Bahtiar.

Bahtiar yang berkeliling di kawasan ini meminta ditanam sejumlah flora atau bibit tanaman khas Sulsel, di antaranya settung/sattulu (kecapi) yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga : Banjir Luwu, Pj Gubernur Pastikan Evakuasi dan Distribusi Bantuan di Wilayah Terisolir

Tenaga Teknis Kebun Raya Pucak, Saldi, menjelaskan fungsi Kebun Raya Pucak salah satunya sebagai konservasi tempat pendidikan, penelitian, dan pariwisata serta jasa lingkungan.

"Di sini khas itu tanaman konservasi, seperti manggis hutan. Ini salah satu habitatnya di sini. Di sini banyak berkunjung mahasiswa dan pelajar," jelasnya.

Di tempat tersebut terdapat 700 jenis tanaman, khususnya tanaman khas Sulsel, serta 100 jenis tanaman herbal.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin