Minggu, 15 Oktober 2023 10:31

Tiga Pengusaha Muda Bicara Kewirausahaan, Membangun Karakter Anak Muda Raih Sukses

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tiga Pengusaha Muda Bicara Kewirausahaan, Membangun Karakter Anak Muda Raih Sukses

"Usaha itu bagaimana sedikit usaha untung banyak, jangan usaha banyak untung sedikit, tidak termasuk sukses,"

RAKYATKU.COM, WAJO - Meningkatkan peran serta Kepemudaan di Kabupaten Wajo khususnya pemuda yang berkarakter, religius, cerdas, sehat, berbudaya dan memiliki jiwa kewirausahaan, Lamasua Project menggelar kegiatan membangun Kamar Sukses. Kegiatan dengan tema "Membangun Karakter Anak Muda Raih Sukses" itu dilakukan di The Lounge Garden jalan Pahlawan, Kabupaten Wajo, pada Sabtu (14/10/2023).

Tiga Pengusaha muda yang berlatar belakang berbeda memberi sosialisasi kepada pengusaha pemula untuk menjadi pengusaha yang sukses di masa akan datang

Dari Ketiga pengusaha Muda sukses tersebut antara lain, Andi Amar Ma'ruf sebagai AAS FUONDTION, Syamsul Bahri, Ketua Hipki Sulsel dan Sekretaris Umum HIPMI Kabupaten Wajo, Amran Ambo Dai.

Baca Juga : Pj Bupati Andi Bataralifu Serahkan Bantuan 2,5 Ton Beras Untuk Korban Bencana Banjir

Menurut Amran Ambo Dai, bahwa berdasarkan data kewirausahaan tingkat rasio kita di indonesia baru mencapai 3, 7 persen, normalnya Negara akan sejahtera bila Rasio kewirausahaan mencapai 4 persen lebih," Katanya.

kalau kita melihat Negara tetangga Negara kita seperti Singapore tingkat kewirausahaannya mencapai 8,6 persen dan Malaysia 4 persen lebih sehingga tergolong Negara mereka sudah sukses dan sejahtera," jelas Amran.

Selanjutnya Syamsul Bahri, mengatakan, jika orang sukses itu apa yang dikatakan dan dilakukan menjadi aspirasi banyak orang.

Baca Juga : Pemkab Wajo Gelontorkan Bantuan Beras Untuk Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor

"Jadi kalau kita mau sukses, ibaratnya kalau kita minum kopi segelas perhari, perlu di tambah menjadi sepuluh gelas perhari, artinya buatlah usaha jangan hanya satu tempat, kalau perlu buatlah usaha sebanyak mungkin sehingga keuntungan juga banyak sumbernya," ujarnya.

Apabila usaha terdiri dari berbagai jenis kegiatan maka di pastikan pengusaha tersebut sudah bisa tergolong sukses, karena dapat meraup keuntungan dari berbagai sumber," ujar ketua HIPKi Sulsel itu.

Pemateri ketiga Andi Amar Ma'ruf Sulaiman mengatakan untuk meraih sukses banyak tahapan dan beda-beda. Ada yang mendapatkan 10 juta perbulan dan menganggap dirinya sukses. Ada juga miliaran belum merasa sukses.

Baca Juga : Tinjau Lokasi Banjir, Pj. Bupati Wajo Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor

"Usaha itu bagaimana sedikit usaha untung banyak, jangan usaha banyak untung sedikit, tidak termasuk sukses," kata anak Andi Amran Sulaiman itu.

Manager program Lamasua Project Ardi Cinno mengatakan kegiatan ini merupakan Sosialisasi Kewirausahaan Pemuda Kabupaten Wajo. Kegiatan diisi oleh para pengusaha pemuda dan mahasiswa.

“Saya berharap agar pemuda yang berwirausaha di Kabupaten Wajo dapat lebih berkembang di masa yang akan datang. Bisa membuat Bisnis yang paling bagus dan rasional sehingga ilmu yang diperoleh bisa diimplementasikan di masyarakat. Momen ini juga menjadi kabar baik, dimana, tentunya bertemu ketiga pengusaha muda yang meraih sukses,” ucapnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud