Selasa, 19 September 2023 16:55

Sosialisasi Pemilu Pemilih Pemula, Wali Kota Parepare Dorong Partisipasi Aktif dalam Demokrasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mendorong partisipasi aktif para pemilih pemula. Ia mengingatkan pentingnya pemahaman politik dan keterlibatan dalam proses demokrasi serta menekankan perlunya pemilu yang demokratis, aman, dan damai untuk membangun martabat demokrasi.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, membuka sosialisasi pemilu bagi pemilih pemula di Auditorium B.J. Habibie, rumah jabatan Wali Kota Parepare, Selasa (19/9/2023). Acara ini diikuti 400 siswa SMA dan sederajat se-Parepare.

Taufan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, sosialisasi ini akan meningkatkan pemahaman tentang pendidikan politik dan mendorong partisipasi pemilih pemula dalam demokrasi. "Pemahaman politik pemilih pemula perlu diaktualisasikan melalui pembelajaran langsung," katanya.

Ia juga menekankan pentingnya keterlibatan pemilih pemula dalam proses demokrasi. Menurutnya, pemilih pemula memiliki potensi besar, tetapi beberapa masih apatis. Keikutsertaan mereka dalam pemilu mencerminkan kedewasaan demokrasi yang sedang dibangun.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Nobar Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Andi Makkasau

"Saya berharap agar proses pelaksanaan pemilu dapat berjalan demokratis, aman, dan damai. Mari kita ciptakan situasi yang aman dan damai, menjadi modal dasar pembangunan kita," ujar Taufan.

Taufan juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam Pemilu 2024 dan mengingatkan pentingnya tiap suara. "Suara Anda sangat dibutuhkan untuk memilih wakil rakyat dan presiden kita nantinya," tuturnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, kata dia, berkomitmen kuat untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu. Keberhasilan nanti, kata dia, mencerminkan bahwa pemerintah telah memberikan pendidikan politik dan membangun demokrasi yang bermartabat.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Taufan juga berharap semua pihak, termasuk partai politik, calon anggota legislatif, penyelenggara pemilu, dan masyarakat bersatu untuk menciptakan pemilu yang jujur, aman, dan damai.

"Saya berharap partisipasi pemilih dalam pemilu nantinya dapat meningkat dibanding pelaksanaan sebelumnya. Mari ciptakan Pemilu 2024 di Parepare sebagai contoh pelaksanaan pemilu bagi daerah lainnya," ucapnya.

#taufan pawe #Pemkot Parepare