Kamis, 12 Oktober 2023 16:49

Poltekpar Bersama Dinas Koperasi kota Makassar Gelar Pelatihan Skill Training Gratis Dalam Pengolahan Produk Kuliner Bersertifikasi

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Poltekpar Bersama Dinas Koperasi kota Makassar Gelar Pelatihan Skill Training Gratis Dalam Pengolahan Produk Kuliner Bersertifikasi

Melalui pembekalan dan pelatihan selama beberapa hari ke depan peserta akan menerima wawasan dan pelatihan sebagaimana industri terapkan dan sebagaimana yang Poltekpar Makassar telah jalankan selama ini dalam membina dan membentuk mahasiswa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR- Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Koperasi dan UMKM, Unit Inkubator Bisnis Kota Makassar bekerja sama dengan Poltekpar Makassar melaksanakan kegiatan Pelatihan Skill Training Gratis dalam Pengolahan Produk Kuliner Bersertifikasi, Senin hingga Kamis (9 s.d 12 Oktober 2023) di Kampus Poltekpar Makassar.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekertaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar Hj Kamelia Tamrin Tantu, SE., M.Si . Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 42 orang peserta yang terbagi ke dalam dua angkatan yang mana setiap angkatan berjumlah 21 orang peserta.

Para peserta merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Lorong Wisata dan merupakan binaan dari unit Inkubator Bisnis yang ada Kota Makassar.

Baca Juga : Bekali Siswa Cara Mengelolah Media Sosial, Poltekpar Makassar Bersama Kemenparekraf RI Gelar Birkom Day

Direktur Poltekpar Makassar, Herry Rachmat Widjaja, MM.Par,CHE. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar karena telah mempercayakan Poltekpar Makassar untuk kedua kalinya dalam membina dan melatih para peserta program tersebut.

"Melalui pembekalan dan pelatihan selama beberapa hari ke depan peserta akan menerima wawasan dan pelatihan sebagaimana industri terapkan dan sebagaimana yang Poltekpar Makassar telah jalankan selama ini dalam membina dan membentuk mahasiswa kami" jelasnya.

Hj Kamelia Tamrin Tantu, SE., M.Si selaku Sekertaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam pendataan tahun lalu ada sekitar 1000 lorong wisata yang terdata dan melalui program pelatihan yang telah dilaksanakan tahun lalu, telah menghasilkan beberapa UMKM yang mampu berkembang dan mengikuti standard industri sampai saat ini. Adapun pendataan tahun ini, terdapat 1095 lorong wisata yang mendaftar sehingga Melalui program kerja sama antara Dinas Koperasi Kota Makassar dan Poltekpar Makassar.

Baca Juga : Menjadi Pionir Investasi Transportasi Roda Tiga Bajaj RE dan Maxride Ajak Pengusaha di Makassar dan Sulawesi Sukses Bersama

“Harapan kedepannya dapat menghasilkan banyak hal-hal bermanfaat tidak hanya bagi pemkot Makassar tapi bagi masyarakat itu sendiri seperti pembukaan lapangan kerja dan menurunkan tingkat pengangguran serta mendorong program lorong wisata agar dapat menghasilkan UMKM yang bermutu dan berdaya saing" tambahnya.

Dalam pelatihan ini peserta tidak hanya sekedar mendapatkan pengetahuan, tetapi seluruh peserta juga harus melalui proses uji kompetensi yang nantinya akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasioinal Sertifikasi Profesi (BNSP) apabila dinyatakan kompeten.

Adapun narasumber pada pelatihan ini adalah Nur Salam, S.Sos.M.Pd, Drs. Muh. Arifin, M.Pd.CHE, Lily Diana Fitry, S.Sos.MM.CHE, Muh. Anas, S.ST.Par.MM, Faisal Akbar Saenal, S.ST.Par.MM. , Muh. Musawantoro, S.Pd.M.Pd. yang merupakan dosen Poltekpar Makassar. Materi yang diajarkan kepada para peserta diantaranya materi mengenai Higiene dan Sanitasi (CHSE), Pelayanan Prima, Dasar Pengolahan Makanan, Persiapan Pengolahan, dan Pengolahan Makanan.

Baca Juga : Poltekpar Makassar dan ICA Sulsel Turun ke Jalan Bagi Kue dan Tajil

Nur Hamnawati salah seorang peserta pelatihan yang juga merupakan Pemilik Anna Mom Pukis menuturkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan sangat bermanfaat karena beliau mendapat kesempatan untuk mengasah keterampilan dan menambah pengetahuan seputar produk kuliner. Tentu tidak hanya keterampilan, lewat pelatihan ini dirinya juga dapat menambah relasi-relasi baru dari sesama pelaku UMKM dari unit Inkubator Bisnis yang ada Kota Makassar.(**)

#Dinas Koperasi Makassar #Poltekpar Makassar