Kamis, 12 Oktober 2023 08:15

Pj Gubernur Sulsel: Siaga Satu, Strategi Cegah Kelelahan Relawan Pemilu 2024

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat Koordinasi (Rakor) Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, bersama Forkompinda, Forkopimcam, KPU, dan Bawaslu se-Sulsel, di Hotel Claro, Makassar, Rabu (11/10/2023). (Foto: Pemprov Sulsel)
Rapat Koordinasi (Rakor) Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, bersama Forkompinda, Forkopimcam, KPU, dan Bawaslu se-Sulsel, di Hotel Claro, Makassar, Rabu (11/10/2023). (Foto: Pemprov Sulsel)

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memimpin rakor dengan semua pihak terkait untuk memastikan persiapan yang cermat dan strategi pencegahan kelelahan relawan pada Pemilu dan Pilkada 2024 di Sulsel, termasuk penyiapan fasilitas kesehatan terdekat dari TPS dan koordinasi intensif dengan lembaga terkait.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forkompinda, Forkopimcam, KPU, dan Bawaslu se-Sulsel, di Hotel Claro, Makassar, Rabu (11/10/2023).

Bahtiar menyampaikan betapa pentingnya memperhatikan tahapan-tahapan Pemilu dan Pilkada 2024. Mulai dari cuaca pada saat 14 Februari 2024, distribusi logistik, gudang, pembersihan alat peraga kampanye, kemudian kesiapan Linmas, Satpol PP, dan seluruh tim terkait.

"Tahun 2019 banyak yang mengalami kelelahan. Kita harus melakukan siaga satu terhadap seluruh dinas kesehatan dan relawan kesehatan, tempatnya harus ada terdekat dari TPS. Siaga satukan itu relawan kesehatan dan tenaga kesehatan supaya ketika ada yang sakit atau lelah bisa tangani langsung. Itu adalah solusi untuk mencegah kelelahan dari tim di TPS," jelas Bahtiar.

Baca Juga : Helikopter Pembawa Bantuan Berhasil Mendarat di Latimojong Luwu, 8 Warga Ikut Dievakuasi

Menurutnya, seluruh Forkopimda, Forkopimcam, dan penyelenggara pemilu sudah paham bagaimana menjalankan tugas dan tanggung jawab pada Pemilu dan Pilkada 2024.

Tugas kepala daerah adalah memfasilitasi seluruh lembaga negara, seperti KPU, Bawaslu, unsur vertikal, dan seluruh lembaga lainnya yang berkaitan dengan pemilu untuk menyukseskan pesta demokrasi tahun depan.

"Saya pikir ini bukan hal baru, Bapak-Ibu semua sudah lakukan, namun tugas saya sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan memastikan tahapan pemilu di Sulsel berjalan aman, damai, dan tenteram. Selain itu, minta tolong bupati/wali kota gelar kegiatan (tingkat kabupaten/kota), bagaimana netralitas ASN dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak," harap Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini.

Baca Juga : Banjir Wajo, Pejabat Gubernur Sulsel Pastikan Bantuan Cepat Terdistribusi Sampai ke Wilayah yang Sulit di Jangkau

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartini Sari, menyampaikan apresiasi ke Pemprov Sulsel atas kegiatan ini yang mengumpulkan seluruh stakeholder terkait Pemilu dan Pilkada 2024.

"Kami baru dapat ada kegiatan seperti ini, ini sangat luar biasa Bapak Gubernur. Izin kami akan mendukung dari segi pembahasan anggaran pemilu dan pilkada serentak. Alhamdulillah kita yang pertama melakukan tanda tangan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) dengan KPU dan Bawaslu Sulsel," ungkap Andi Ina.

Sebagai bukti keseriusan DPRD dan Pemprov Sulsel untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024, langsung dilakukan rapat paripurna terkait Ranperda APBD Pokok 2024.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin #Pemilu 2024