Selasa, 10 Oktober 2023 21:05

Upaya Menekan Lakalantas di Jalan Tol, Ditlantas Polda Sulsel Kerjasama Instansi Terkait

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Upaya Menekan Lakalantas di Jalan Tol, Ditlantas Polda Sulsel Kerjasama Instansi Terkait

"Ke depan kami sepakat lebih serius mewujudkan Kamseltibcarlantas serta secara berkala melakukan evaluasi untuk mencari solusi yang komprehensif agar jalan Tol tidak lagi menimbulkan peristiwa lakalantas mengerikan,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ditlantas Polda Sulsel melakukan kerjasama dengan Makassar Metro Network dan PT. Jalan Tol Seksi Empat. Kerjasama tersebut sebagai upaya mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) dalam upaya menekan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas).

Kerjasama tersebut ditandatangani Direktur Makassar Metro Network, Ismail Malliungan, Direktur Jalan Tol Seksi IV, Real Chandra serta Direktur Lalu Lintas Polda Sulsel, Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya.

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya menyebut prioritas utama yang harus dilakukan untuk menekan Lakalantas adalah tindakan preemtif melalui sosialisasi bersama, preventif upaya pencegahan pelanggaran hukum melalui patroli bersama, serta represif yakni melakukan penindakan hukum melalui tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE).

Baca Juga : Ditlantas Polda Sulsel Monev di Kampung Tertib Lalu Lintas Wajo

Kombes Pol Dr. I Made menyatakan, untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas di jalan Tol harus didukung dengan perilaku manusia sebagai pengguna jalan yang tentu sudah memiliki kompetensi dan tingkat disiplin yang memadai.

Faktor manusia dapat dibangun lewat edukasi, sistem pengujian untuk mendapatkan SIM dan penegakan hukum serta tersedianya pendidikan keselamatan lalu lintas. Apalagi populasi kendaraan yang setiap harinya terus meningkat jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ruas jalan, juga menjadi permasalahan serius lalu lintas.

“Dengan seringnya kejadian lakalantas di jalan Tol, momentum ini sangat tepat untuk dijadikan inspirasi dan motivasi kita untuk semakin meningkatkan aspek keselamatan jalan. Hal ini terkait, tingginya angka lakalantas terkait dengan mental, mindset ataupun perilaku buruk dari sebagian besar pengguna jalan dalam berlalu-lintas," kata Agus Prasatya pada Selasa 10 Oktober 2023.

Baca Juga : Pemuda Linglung Telanjang Dada di Atas Kap Mobil, Polisi Temukan Sabu-sabu

Dikatakan, permasalahan yang terjadi di Tol sekarang ini sebagian besar disebabkan faktor kelalaian manusia (human error). Batas kecepatan penggunaan kendaraan di jalan Tol sering diabaikan. Kelalaian ini akibat masih rendahnya perilaku budaya tertib berkendara yang dimiliki masyarakat.

"Ke depan kami sepakat lebih serius mewujudkan Kamseltibcarlantas serta secara berkala melakukan evaluasi untuk mencari solusi yang komprehensif agar jalan Tol tidak lagi menimbulkan peristiwa lakalantas mengerikan," sebutnya.

Diakuinya, pemicu utama terjadinya kecelakaan bukan saja dominan faktor manusia atau human error, baik pengguna jalan maupun penyelenggara atau pihak yang bertanggungjawab mewujudkan Kamseltibcarlantas.

Baca Juga : Operasi Ketupat Pallawa 2024 Berhasil Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Faktor lainnya yang juga sangat mempengaruhi terjadinya kecelakaan adalah lingkungan atau kondisi jalan maupun kelengkapan rambu serta masih rendahnya kesadaran tertib berlalu lintas dan penegakan hukum yang belum maksimal.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Makassar Metro Network, Ismail Malliungan menyerahkan bantuan satu unit mobil patroli jalan tol diterima langsung Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Made Agus Prasatya.

#Ditlantas Polda Sulsel