Jumat, 06 Oktober 2023 21:09

Direktur Poltekpar Makassar Buka Kegiatan TOT Fasilitas Inkubator Bisnis

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur Poltekpar Makassar Buka Kegiatan TOT Fasilitas Inkubator Bisnis

Proyek kewirausahaan yang dilakukan nantinya akan menggunakan modul entrepreneurship Startinc yang dibuat oleh Universitas Ciputra bekerjasama dengan Sustainable Tourism Education Development (STED) Swisscontact

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Direktur Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar membuka kegiatan Training of Trainer (TOT) Fasilitator Inkubator Bisnis, Jumat (6/10/2023) di Kampus Poltekpar Makassar.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Inkubator Bisnis Poltekpar Makassar tersebut dilaksanakan selama tiga hari yakni tanggal 6- 8 Oktober 2023 dan diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan dosen dan tenaga pengajar.

Dalam sambutannya Direktur Poltekpar Makassar, Herry Rachmat Widjaja, A.Md, S.Sos, MM.Par. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan amanah dari Bapak Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Politeknik Pariwisata di Lingkungan Kemenparekraf harus melakukan akselerasi agar 30% alumninya dapat menjadi wirausaha.

Baca Juga : Pokltekpar Makassar Gelar Workshop Kurikulum Bahan Ajar Berbasis MRA-TP

“Untuk menciptakan alumni-alumni berwirausaha kita tidak bisa tinggal diam hanya mengandalkan mata kuliah kewirausahaan yang ada di kelas, olehnya harus dibangun ekosistem kewirausahaan. Kami berharap Poltekpar Makassar dapat memperoleh capaian kegiatan ini, karena ekosistem wirausaha harus dibangun yang dimulai dari para dosen dan nantinya akan diteruskan kepada para mahasiswa” jelasnya.

Sementara itu Kepala Unit Inkubator Bisnis (Best Incubator Preneur / BIP) Poltekpar Makassar, Musawantoro, M.Pd. mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membekali para fasilitator inkubator bisnis agar dapat meningkatkan kemampuan untuk memfasilitasi proyek kewirausahaan.

Para fasilitator ini nantinya akan bertugas mendampingi mahasiswa selama dalam proses inkubator dan akan menjadi rekan dengan Unit Inkubator Bisnis.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Gelar Workshop Kurikulum dan Bahan Ajar Berbasis MRA-TP

“Proyek kewirausahaan yang dilakukan nantinya akan menggunakan modul entrepreneurship Startinc yang dibuat oleh Universitas Ciputra bekerjasama dengan Sustainable Tourism Education Development (STED) Swisscontact. Kami berharap mahasiswa kami dalam berwirausaha nantinya memiliki kemauan kuat, konsep inovasi berdasarkan eksplorasi dan analisis problem, serta aksi dalam mewujudkan bisnis walaupun mengalami jatuh bangun berulang kali dalam prosesnya” tambahnya.

Kegiatan TOT ini menghadirkan beberapa orang narasumber yakni Maureen Nuradhi, Junko Alessandro Effendy, Christina yang merupakan Dosen dari Universitas Ciputra Surabaya. Beberapa materi modul yang diajarkan diantaranya adalah Penerapan Design Thinking pada roadmap, Business Environment Exploration and Analysis, analisis competitor dari Industry Forces, Problem Definition, Business Model Canvas Creation dan creativity tools, Prototyping, dan Validation. Selai melandapatkan materi peserta juga secara langsung melakukan simulasi dari setiap modul materi yang diberikan serta melakukan Benchmarking Entrepreneurship Education ke UC Makassar.(**)

#TOT #Poltekpar Makassar