Selasa, 03 Oktober 2023 10:43

Wali Kota Parepare Resmikan Renovasi Makam Andi Mallarangeng, Bakal Dijadikan Destinasi Wisata Religi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, saat peresmian renovasi makam Wali Kota Parepare keempat, Andi Mallarangeng, di Jalan Andi Mallarangeng, Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (2/10/2023).
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, saat peresmian renovasi makam Wali Kota Parepare keempat, Andi Mallarangeng, di Jalan Andi Mallarangeng, Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (2/10/2023).

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, meresmikan renovasi makam Wali Kota Parepare keempat, Andi Mallarangeng. Taufan berkomitmen menjadikan makam ini sebagai destinasi wisata religi untuk penghormatan terhadap sosok yang membawa kemajuan dalam tiga dimensi Parepare: pesisir, dataran rendah, dan dataran tinggi.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, menghadiri peresmian renovasi makam Wali Kota Parepare keempat, Andi Mallarangeng, di Jalan Andi Mallarangeng, Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (2/10/2023). Peresmian dihadiri keluarga besar Andi Mallarangeng.

Taufan mengatakan renovasi makam Andi Mallarangeng sebagai bentuk penghargaan pemerintah dan masyarakat Parepare atas jasanya selama memimpin Parepare pada 1969-1972.

"Ini sebagai bentuk penghargaan kita kepada almarhum Andi Mallarangeng. Beliau sangat dikenal masyarakat Parepare. Berkat ide-idenya sehingga Parepare kita dikenal hingga menjadi tiga dimensi," katanya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Bhayangkara Run dan Expo 2024

Andi Mallarangeng, kata Taufan, membawa Parepare dikenal sebagai kota tiga dimensi, yakni dimensi pesisir, dataran rendah, dan dataran tinggi.

Rekam jejak para pendahulu, lanjut Taufan, menjadi inspirasi dalam pembangunan Parepare selain tentunya Presiden Indonesia ketiga, B.J. Habibie.

Taufan mengungkapkan makam mendiang Andi Mallarangeng dahulu tidak terurus sehingga dirinya berkomitmen merenovasi meskipun tanpa melalui APBD.

Baca Juga : Pj Bupati Takalar Puji PJ Wali Kota Parepare

"Semua ini adalah upaya kami menghadirkan dan mempersembahkan kepada keluarga Andi Mallarangeng bahwa eksistensi wali kota keempat itu di hati kami tetap ada," katanya.

Taufan juga menjelaskan akan menjadikan makam Andi Mallarangeng sebagai salah satu destinasi wisata religi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap sosok termuda yang pernah menjadi nakhoda Parepare itu.

"Beliau (Andi Mallarangeng) adalah wali kota bersejarah, ya. Saya akan jadikan makam ini sebagai destinasi wisata," tuturnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Temui Pj Gubernur Sulsel

"Saya ingin Wali Kota-Wali Kota Parepare sebelumnya kita beri penghargaan, siapa pun itu orangnya," lanjutnya.

Menurut Taufan tiap pemimpin pasti meninggalkan karya, termasuk Andi Mallarangeng.

"Jadi, bangunan makam beliau ini sebelumnya terlantar, tapi alhamdulillah sekarang sudah kami benahi. Kita bangun sehingga kondisinya seperti sekarang, cukup berestetika," bebernya.

Baca Juga : Momen Idul Adha , Akbar Ali Ajak Warga Sukseskan Pilkada 2024

"Siapa lagi yang mau menghargai kalau bukan kita-kita semua ini," imbuhnya.

Taufan juga berencana akan menyiapkan fasilitas benda bersejarah untuk dipajang di makam tersebut.

"Saya akan meminta izin kepada keluarga almarhum Andi Mallarangeng untuk memberikan benda-benda bersejarah milik beliau kemudian kita pajang di makam ini," ungkapnya.

Baca Juga : Akbar Ali : Idul Adha jadi Momen Peningkatan Akhlak

Ditanya soal pembangunan makam yang baru tersentuh pada era kepemimpinannya, Taufan menegaskan masing-masing pemimpin memiliki sudut pandang berbeda.

"Itulah sebabnya saya katakan, kita harus mengubah paradigma. Kita harus mempunyai pandangan bahwa kota yang kita pimpin seperti ini, loh," bebernya.

"Pasti ada proses dan prosesnya itu adalah rangkaian dari rangkaian wali kota yang memimpin," tambahnya.

#Pemkot Parepare #taufan pawe