Senin, 02 Oktober 2023 07:57

Pengda PJI Sulsel Periode 2023-2028 Resmi Terbentuk

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua umum PJI bersama ketua PJI Sulsel, sabtu(30/9)
Ketua umum PJI bersama ketua PJI Sulsel, sabtu(30/9)

Kami berharap ke depan bisa terus menjadi wadah profesionalisme bagi jurnalis

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Kepengurusan Pengda Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan telah resmi terbentuk dengan masa jabatan periode 2023 - 2028.

Kepengurusan Pengda PJI Sulsel yang digelar di Karebosi Kondotel Makassar ini langsung dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Pusat PJI Imam Prihadiyoko yang langsung terbang dari Jakarta ke Makassar

Ketua Panitia Kegiatan, Rubianti Sudikio dalam laporannya mengungkapkan kegiatan yang dirangkaikan dengan Rapat Kerja (Raker) ini merupakan ajang silaturahmi untuk membangun kolaborasi yang bermuara pada pers yang sehat.

Baca Juga : Empat Organisasi Profesi Jurnalis di Sulsel Bersatu Tolak Diskriminasi Pers

"Sebelumnya kita telah melakukan pemilihan Ketua PJI Sulsel melalui Konfrensi Daerah (Konferda) berapa bulan yang. Dari dua kandidat, salah satu kandidat yaitu Syafril Rahmat terpilih sebagai ketua PJI SULSEL," ucapnya

Kedepan Rubi berharap PJI mampu menjadi wadah pengembangan guna menciptakan kebebasan pers, terlebih saat ini mendekati tahapan pesta Pemilu 2024.

Ketua PJI Sulsel Periode 2023-2028, Syafril Rahmat dalam sambutannya beliau berharap PJI mampu menjadi mitra strategis dalam hal edukasi dan literasi tuturnya.

Baca Juga : Empat Organisasi Profesi Jurnalis di Sulsel Bersatu Tolak Diskriminasi Pers

"Kami berharap ke depan bisa terus menjadi wadah profesionalisme bagi jurnalis,"harapnya.

Sementara Ketua Umum Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI), Imam Prihadiyoko mengimbau para jurnalis terus bersinergi dengan berbagai lembaga dan instansi serta membangun kemandirian pungkasnya.

"Tadi disampaikan kondisi Demokrasi jurnalis menjadi bagian penting, tetapi lebih penting lagi awak media dan TNI-Polri olehnya itu perlu saling bersinergi," pungkasnya

Baca Juga : Empat Organisasi Profesi Jurnalis di Sulsel Bersatu Tolak Diskriminasi Pers

"Kemerdekaan pers juga terus di perjuangkan, namun yang terpenting saat ini bagaimana membangun kemandirian pers. Jurnalis memang merupakan sebuah profesi tetapi para jurnalis harus bisa mandiri," ujarnya

Jacob Oetama misalnya, lanjutnya adalah seorang jurnalis profesional tetapi juga pengusaha yang sukses.

"Jurnalis itu panggilan, namun kita harus menjadi jurnalis yang mandiri dan profesional. kalau bisa kita berkolaborasi baik TNI-Polri. Contoh di Sumatra Selatan kami manfaatkan lahan nganggur," tambahnya.

Baca Juga : Empat Organisasi Profesi Jurnalis di Sulsel Bersatu Tolak Diskriminasi Pers

Sejalan dengan kegiatan ini mewakili PJ Gubernur Sulsel, H Abdul Malik Faisal mengungkapkan di era saat ini jurnalis memiliki peran penting dalam menjaga kredibilitas informasi dimana saat ini siapa saja bisa menyebarkan informasi.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Sub Bidang Hukum ini berharap PJI Sulsel mampu melahirkan program yang sejalan dengan program prioritas PJ Gubernur Sulawesi Selatan dalam waktu satu tahun ke depan ini ucapnya.

Pelantikan yang mengusung tema "Konsisten Merawat Kemerdekaan Pers" tersebut disaksikan langsung oleh Pangdam XIV/Hasanuddin, diwakili oleh Kolonel Inf Mangapul Hutajulu(Kapendam XIV/Hasanuddin), Dandim 1408 Makassar Letkol Inf Lizardo Gumay, S.H., M.M., M.I.Pol., Ketua PWI Sulsel yang diwakili oleh wakil ketua bidang organisasi PWI Sulsel H. Andi. Manaf Rahman, Kabid Humas Polda Sul sel yang diwakili oleh AKP Sirajuddin bersama Kapolrestabes Makassar yang diwakili oleh Kasi Humas Akp Wahid. Tutupnya,

#pji sulsel