Jumat, 29 September 2023 10:09

Gowa Terbaik Pengelolaan Dana Desa di Sulsel

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gowa Terbaik Pengelolaan Dana Desa di Sulsel

Penghargaan ini diberikan atas pencapaian Kabupaten Gowa sebagai pemerintah daerah dengan kinerja pengelolaan dana desa terbaik di semester 1 tahun 2023 kategori Pemda lebih dari 100 desa.

GOWA --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mendapat penghargaan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan pada Desiminasi Kajian Fiskal Regional Sulawesi Selatan di Hotel Claro Makassar, Rabu (27/9).

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan, Supendi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa mendapat penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan kinerja baik dalam pengelolaan dana desa.

“Penghargaan ini diberikan atas pencapaian Kabupaten Gowa sebagai pemerintah daerah dengan kinerja pengelolaan dana desa terbaik di semester 1 tahun 2023 kategori Pemda lebih dari 100 desa,” ujarnya.

Baca Juga : Pembukaan MTQ Sulsel, Adnan-Kio Beri Semangat ke Kontingen Gowa

Supendi menyebutkan ada beberapa yang menjadi indikator penilaian kinerja dalam penyaluran dana desa, yaitu kinerja realisasi dan penyerapan dana desa, kecepatan dalam menyampaikan laporan realisasi belanja dana desa dan BLT Desa.

“Kemudian kepatuhan dalam menyampaikan syarat penyaluran dana desa,” kata Supendi.

Supendi juga mengapresiasi lebijakan Pemerintah Kabupaten Gowa yang melakukan pendelegasian kewenangan penandatangan surat pengatar permintaan penyaluran dana desa kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Bupati Gowa: Keberlanjutan Program Pendidikan Makin Tingkatkan SDM Unggul

Menurutnya kebijakan ini meringkas birokrasi sehingga berpangaruh pada akselerasi penyaluran dana desa. Dimana sebelum 2023 pengantar permintaan penyaluran dan desa ditandatangani oleh Kepala BPKAD.

“Kebijakan Bupati Gowa yang mendelegasikan kewenangan penandatangan surat pengantar permintaan penyaluran dana desa kepada Kepala Dinas PMD sebagai penanggungjawab pembinaan pengelolaan dana desa patut diapresiasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Gowa, Muh Basir mengatakan bahwa suatu kebanggaan Pemkab Gowa kembali mendapatkan penghargaan.

Baca Juga : Adnan Purichta Harap Kafilah MTQ Gowa Tunjukkan Kemampuan Terbaik

“Ahamdulillah ini tentu berkat kerja kita bersama. Bagaimana bekerja dengan baik sesuai dengan aturan dan tentu ini tidak lepas sari peran para pengelola dana desa yang ada di desa,” ungkapnya.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Gowa, Indra Wahyudi Yusuf mewakili Bupati Gowa.

#Pemkab Gowa