Kamis, 28 September 2023 21:31

Pimpinan Serikat Buruh Komitmen bersama PKS Menangkan Anies-Muhaimin

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pimpinan Serikat Buruh Komitmen bersama PKS Menangkan Anies-Muhaimin

Empat organisasi Buruh yaitu KSPSI, SBSI 92, SPN, dan PPMI menyatakan dukungan eksplisit terhadap pasangan Capres Cawapres Anies-Muhaimin

RAKYATKU.COM, JAKARTA-- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui Bidang Ketenagakerjaan menggelar Talkshow bertajuk "Siapa Capres Pilihan Buruh". Bertempat di Kantor DPTP PKS, Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Sebanyak empat organisasi Buruh hadir dalam acara tersebut diantaranya KSPSI, SBSI 92, SPN, dan PPMI yang menyatakan dukungan eksplisit terhadap pasangan Capres Cawapres Anies-Muhaimin.

Ketua Umum SBSI 92 Sunarti menyebutkan, sikap SBSI 92 mendukung Anies Baswedan damal Pilpres mendatang diambil dari keputusan Rakornas organisasi Buruh tersebut.

Baca Juga : Diberi Gelar Adat di Dua Daerah ini, Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo-Gibran Raih Suara Terbanyak

"Ini pilihan Rakernas Jadi bukan pilihan saya pribadi kalau saya pribadi saya tidak mau menggiring karena saya punya hubungan baik dengan ketiga kandidat tersebut," ucap Sunarti.

Ia pun berharap konstelasi Pemilu 2024 menjadi ajang persaingan yang sehat, perbedaan pilihan tidak pantas membuat retak hubungan antar sesama anak bangsa.

"Jangan persoalan Capres hubungan baik menjadi retak, saya mempunyai hubungan baik dengan ketiga tokoh tersebut, perbedaan pilihan justru semakin mempererat tali silaturahmi kita," kata dia.

Baca Juga : Pakar HTN: Pilpres Satu Putaran Sulit Terwujud

Sementara itu Ketua Umum Serikat Pekerja Nasional (SPN) Joko Heryono menyebut, Anies Baswedan memiliki konsep dalam mensejahterakan kaum pekerja dan itu dibuktikan ketika Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Pak Anies sudah membuktikan berani mengambil keputusan terkait upah Buruh yang layak saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, kita Totalitas dukung Anies dia punya konsep bagaimana menghadirkan kesejahteraan bagi kaum Buruh," ucap Joko.

Senada dengan SPN, Ketua Umum KSPSI, Jumhur Hidayat menilai, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mempunyai rekam jejak positif bagi kaum pekerja, ia menyebut organisasi KSPSI telah bulat menyatakan dukungan terhadap pasangan Anies-Muhaimin.

Baca Juga : Anies Dijadwalkan Kampanye di Parepare, TKD Siap Turunkan 150 Ribu Massa

"Sampai pada Rakernas yang diperluas yang jumlahnya lebih besar dari Peserta kongres dan alhamdulillah bulat keputusan mendukung Anies Baswedan," ucap Jumhur.

"Ada alasan kenapa kita pilih Amin kita perlu presiden yang punya narasi akal pikiran yang sehat dan bisa diajak berdiskusi dan kebijakan berbasis pengetahuan itu penting saya percaya Anis serius memikirkan membangun bangsa ini lebih baik. Begitu juga Muhaimin punya track record baik ketika menjadi Menaker," sambungnya.

Sementara itu Ketua Umum PPMI Daeng Wahidin menyebut, kendati organisasi nya belum menyatakan sikap resmi, namun PPMI mempunyai tolok ukur utama diantaranya tidak mendukung Omnibus Law Cipta Kerja.

Baca Juga : Dapat Dukungan Penuh dari Kalangan Pengurus Masjid di Kota Makassar, Caleg DPR RI Subhan Mappaturung Siap Melangkah ke Senayan

"Meskipun PPMI belum secara resmi, tapi kami punya pandangan akan mendukung capres yang tidak punya latarbelakang mendukung UU Cipta Kerja dan itu kita semua tahu siapa orangnya," kata Daeng.

Dalam Talkshow yang bertajuk "Capres Pilihan Buruh" tutur hadir Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan DPP PKS, Indra MH, ia menyebut kebijakan PKS selama ini selalu selaras dengan keinginan kaum Buruh.

"Sikap PKS jelas sejak awal konsisten menolak UU Cipta Kerja, dan kami menilai, sosok Anies Baswedan kita lihat dalam rekam jejaknya ketika menjadi Gubernur, berani menaikkan upah kaum Buruh, dan itu berarti selaras dengan perjuangan PKS untuk menghadirkan kesejahteraan bagi kaum Buruh," pungkas Indra.(**)

#PKS #Capres 2024 #Anies Baswedan #Buruh