Jumat, 22 September 2023 08:15

Wali Kota Makassar Kunjungi Tokyo, Bahas Kerja Sama Bisnis dengan Dubes Indonesia untuk Jepang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (kanan), bersama Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Hery Akhmadi. (Foto: Pemkot Makassar)
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (kanan), bersama Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Hery Akhmadi. (Foto: Pemkot Makassar)

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengunjungi Tokyo dan bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Hery Akhmadi, untuk membahas kerja sama bisnis, investasi, dan rencana kerja sama sister city antara Makassar dan Kota Yokohama.

RAKYATKU.COM, TOKYO - Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Hery Akhmadi, menerima kunjungan delegasi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang dipimpin Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, di Tokyo, Jepang, Rabu (20/9/2023).

Pada pertemuan bisnis dan silaturahmi dengan Dubes Indonesia untuk Jepang, Hery Akhmadi, Danny Pomanto, sapaan akrab Wali Kota Makassar, memaparkan tentang banyak hal.

Danny Pomanto menyampaikan kunjungan delegasi Pemkot Makassar ke Tokyo untuk memenuhi undangan Oriental Consultants Global (OC-Global) yang saat ini sudah bekerja sama dengan Pemkot Makassar.

Baca Juga : Efektif Jaga Stabilitas Harga Pangan H-1 Idul Adha 1445 Hijriah, Pj Gubernur Sulsel Apresiasi Walikota Makassar

OC-Global bersama Pemkot Makassar pada Mei 2023 lalu telah menandatangani Letter of Intent (LOI) tentang Proyek Kelistrikan dan Rantai Dingin Industri Perikanan di Pulau Terpencil di Makassar.

Proyek Kelistrikan dan Rantai Dingin (Cold Chain) Industri Perikanan ini menyasar Pulau Barrang Lompo sebagai lokasi yang akan menjadi percontohan pengembangan Smart Island di Makassar.

"Selain itu, kita juga melaporkan potensi-potensi investasi di Kota Makassar. Termasuk Japparate, investasi di bidang transportasi, pariwisata, dan lain-lain," ujar Danny Pomanto.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Danny Pomanto menyebutkan potensi investasi di Makassar cukup besar. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya investor yang mau menanamkan modalnya di Kota Daeng.

“Kita juga secara khusus diundang oleh KOTRA (Korea Trade-Investment Promotion Agency) terkait dengan proyek Japparate,” ungkapnya.

Selain itu, Danny Pomanto juga melaporkan terkait rencana kerja sama sister city Makassar dengan Kota Yokohama yang merupakan inisiasi Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

“Kota Yokohama ini dinilai mirip dengan Makassar. Contohnya ada pantai yang mirip dengan pantai di Makassar,” tutur Danny Pomanto.

Dubes Indonesia untuk Jepang, Hery Akhmadi, menyambut baik rencana kerja sama Makassar dengan Jepang.

Ia bahkan mengusulkan ke depan ada festival di Jepang yang mengangkat tentang keanekaragaman budaya dan kuliner Makassar.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

“Mungkin bisa melakukan perjanjian kerja sama dengan salah satu kota. Misalnya, penyelenggaraan Festival Mutsuri da Kesenuma," ucapnya.

“Kita pernah fasilitasi Bali mengadakan festival di Jelang, mungkin nanti dengan Makassar juga,” imbuhnya.

Ia mengusulkan Makassar menjadi tema pada hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Jepang pada 2024 mendatang.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

“Jika berkenan, kami nanti mengusulkan Makassar jadi tema HUT Proklamasi di Jepang tahun 2024. Semua tentang Makassar, mulai pakaian adat, kuliner, dan lain-lain,” tuturnya.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto