Sabtu, 16 September 2023 19:19

Poltekpar Makassar Berhasil Luluskan 410 Mahasiswa Pada Wisuda ke XXII

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Poltekpar Makassar Berhasil Luluskan 410 Mahasiswa Pada Wisuda ke XXII

Diploma 3 Prodi DIK sebanyak 45 orang, Prodi TAH sebanyak 59 orang, Prodi SKU sebanyak 63 orang, Prodi PEW sebanyak 60 orang, Diploma 4 Prodi UPW sebanyak 95 orang , Prodi PKA sebanyak 88 orang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-– Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menggelar acara Sidang Senat Terbuka, Wisuda Diploma yang ke-XXII pada Sabtu 16 September 2023, Ballroom Hotel Myko Makassar.

Dalam wisuda ke-22 ini, Poltekpar Makassar meluluskan sebanyak 410 wisudawan dan wisudawati yang terdiri atas lulusan D3 dan D4.

Diploma 3 Prodi DIK sebanyak 45 orang, Prodi TAH sebanyak 59 orang, Prodi SKU sebanyak 63 orang, Prodi PEW sebanyak 60 orang. Dan Diploma 4 Prodi UPW sebanyak 95 orang , Prodi PKA sebanyak 88 orang

Baca Juga : Politeknik Pariwisata Makassar Menandatangani MoU dengan International University of Tourism and Hospitality (IUTH) Kazakhstan

Direktur Poltekpar Makassar, Herry Rachmad Widjaja, dalam sambutannya mengajak seluruh tamu undangan yang hadir untuk merayakan momen istimewa kelulusan tersebut.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para lulusan yang telah berhasil menyelesaikan perjalanan akademik di Poltekpar Makassar.

“Kami semua tahu bahwa perjalanan menuju ke sini tidak mudah, tetapi inilah yang membuat hasilnya begitu istimewa. Anda semua adalah contoh nyata dari kegigihan dan ketekunan,”sambung Herry

Baca Juga : Sebanyak 1053 dari 1360 Wisudawan Unismuh Lulus dengan Predikat Cum Laude

Hari ini adalah hari yang menandai awal dari babak baru. Dunia luar mungkin tampak menakutkan, tetapi yakinlah bahwa kalian telah dilengkapi dengan pengetahuan, keterampilan, dan kebijaksanaan yang diperlukan untuk menghadapinya

Herry mengatakan bahwa saat Anda melangkah keluar dari pintu Poltekpar Makassar, ingatlah bahwa setiap hari adalah kesempatan baru untuk belajar, tumbuh, dan berkembang.

Perkembangan Poltekpar Makassar

Baca Juga : 1300-an Alumni Bakal Ikuti Wisuda 82 Unismuh Makassar

Dalam kesempatan tersebut, Herry juga ikut mengutarakan perkembangan Kepariwisataan saat ini.

Perkembangan kepariwisataan terus menerus menunjukan perkembangan yang tentu saja membutuhkan SDM yang juga semakin banyak.

Menurut dia, Poltekpar Makassar tidak mengasilkan pengangguran bahkan sebaliknya kita sangat kekurangan Alumni bila dibandingkan dengan permintaan SDM dari industri yang terus meningkat tersebut.

Baca Juga : Kunjungi Poltekpar Makassar Bahas RUU Kepariwisataan Komisi X DPR RI Catat Beberapa Point

“Sebagai contoh berdasarkan hasil tracer studi dari tahun 2017 – 2022 Alumni Poltekpar Makassar yang telah tersalyrkan sebesar 73 persen sisanya banyak yang membangun usaha sendiri (menjadi entreprenuer),”pungkasnya.

“Dengan bangga saya ucapkan selamat atas prestasi yang telah dicapai. Selain lulusan, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan teman-teman yang telah memberikan dukungan moral dan emosional kepada para lulusan selama perjalanan mereka. Dukungan Anda sangat berarti, dan ini juga adalah pencapaian Anda,”urainya

Kepada para lulusan, ia juga ingin menyampaikan pesan teruslah bermimpi besar, tetapi jangan lupakan realitas. Dunia mungkin penuh dengan tantangan, tetapi juga penuh dengan peluang.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Jalin Kerjasama dengan UGM

“Jadilah pribadi yang gigih, etis, dan berkontribusi positif terhadap masyarakat. Ingatlah bahwa kesuksesan sejati tidak hanya diukur dari apa yang Anda capai, tetapi juga dari bagaimana Anda mempengaruhi dunia dan orang-orang di sekitar Anda,”pesan Herry.

Pada kesempatan itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno yang diwakili mengatakan Poltekpar Makassar sebagai kampus pariwisata terbaik dengan center of excellent marine Tourism sebagai tempat menimba ilmu dan keahlian.

Dirinya menyerahkan kembali putra-putri insan pariwisata terbaik Indonesia kepada orang tua, industri pariwisata, masyarakat, dan bangsa untuk berkiprah dan berkontribusi dalam bekerja dan berwirausaha di industri pariwisata.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Jalin Kerjasama dengan UGM

“Kami yakin dengan semangat Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas dibarengi dengan kemampuan Inovasi, adaptasi dan kolaborasi, saya harapkan akan terus membuat Indonesia bangga dan saya menantikan segera sumbangsih kalian semua para wisudawan Poltekpar bagi kemajuan sektor pariwisata dan ekraf untuk bangsa Indonesia,”imbuhnya.

Ia juga berpesan agar terus meningkatkan kualitas SDM pariwisata dan ekraf agar semakin unggul dengan kualitas dan saya saing memajukan sektor pariwisata dan ekraf tanah air.

“Saya berpesan mari kita terus tingkatkan kualitas SDM pariwisata dan ekraf agar semakin unggul dengan kualitas dan daya saing dalam rangka memajukan pariwisata dan ekraf indonesia guna membuka lapangan kerja, kebangkitan ekonomi, memahami kebutuhan masyarakat dan kebijakan yang tepat sasaran, tepat waktu dan tepat manfaat melalui Gercep, Geber dan Gaspol,”demikian pesan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutan tertulisnya.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Jalin Kerjasama dengan UGM

Sandi turut memberikan standing applaouse kepada Direktur Poltekpar Makassar sebelumnya yakni Muhammad Arifin atas pengabdian dan kontribusinya memimpin Poltekpar Makassar sejak 2019-2023.

Ia juga menyambut Direktur baru Poltekpar selamat datang kepada Direktur Politeknik pariwisata Makassar yang baru Bapak Herry Rachmat Widjaja, MM.Par, CHE. Selamat menjalankan amanah untuk memajukan Poltekpar Makassar.(**)

#Poltekpar Makassar #wisuda