Jumat, 15 September 2023 17:45

Pemkab Gowa Dorong SKPD Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Abd Rauf Malaganni
Abd Rauf Malaganni

Kegiatan ini terlaksana sebagai upaya Pemkab Gowa dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi SKPD Kabupaten Gowa terkait dengan pengetahuan bagi SKPD Kabupaten Gowa atas penilaian evaluasi SAKIP dari Kemenpan RB.

GOWA --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mendorong setiap SKPD untuk meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Kabupaten Gowa tahun 2023.

Hal itu didukung dengan Rapat Koordinasi Teknis Penguatan Kelembagaan Perangkat Daerah dalam Mendukung Implementasi SAKIP di Hotel Jolin Makassar, Jum'at (15/9).

Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, Andy Aziz Peter mengatakan, kegiatan ini terlaksana sebagai upaya Pemkab Gowa dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi SKPD Kabupaten Gowa terkait dengan pengetahuan bagi SKPD Kabupaten Gowa atas penilaian evaluasi SAKIP dari Kemenpan RB.

Baca Juga : Adnan Purichta Harap Kafilah MTQ Gowa Tunjukkan Kemampuan Terbaik

"Selain itu, kegiatan ini memberikan pemahaman bagi unit penyelenggara terkait penyusunan dokumen untuk SAKIP," kata Aziz Peter.

Dengan komitmen tersebut, diharapkan mendapatkan dukungan dari seluruh pimpinan SKPD yang harus menyiapkan dokumen dan data dukung penilaian SAKIP tahun 2023.

Sementara itu Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni yang membuka langsung kegiatan Rakor ini mengatakan, penerapan implementasi SAKIP yang melibatkan Tim Ahli Prof Mudrajat beserta tim dalam pendampingan penilaian SAKIP Kabupaten Gowa bisa membimbing terkait teknis pemenuhan data dan dokumen setiap SKPD.

Baca Juga : Gowa Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Pertama Tingkat Sulsel Tahun 2024

"Dengan kerjasama yang dilakukan tentu saja saya sangat mengharapkan nantinya Tim Ahli memberikan arahan dan bimbingan teknis terkait langkah-langkah nyata, sistematis, terukur, bisa diterapkan dan jelas siapa yang berwenang melakukan terkait pemenuhan data dan dokumen yang harus dipenuhi sesuai ketentuan yang berlaku," kata Wabup Gowa ini.

Selanjutnya, untuk mewujudkan implementasi SAKIP yang berkualitas juga sangat mengharapkan bimbingan Tim Ahli untuk mengarahkan dokumen-dokumen yang sudah disampaikan ke semua perangkat daerah menjadi berkualitas dan dapat diterapkan.

"Saya yakin dengan pengalaman membawa Provinsi Yogyakarta meraih peringkat SAKIP tertinggi di Indonesia, Prof Mudrajat bersama dengan tim juga bisa mengarahkan dan menerapkan praktek baik yang telah dilakukan di Yogyakarta untuk bisa diterapkan di Kabupaten Gowa," ujarnya.

Baca Juga : Begini Suasana Nobar Timnas Indonesia di RTH Syekh Yusuf Gowa

Kegiatan ini diikuti langsung seluruh pimpinan SKPD, Camat dan Kasubag Perencanaan SKPD dan Kecamatan Lingkup Pemkab Gowa.

#Pemkab Gowa #Abd Rauf Malaganni