Kamis, 14 September 2023 15:27

Rektor Unismuh Buka Ta'aruh Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2023/2024

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rektor Unismuh Buka Ta'aruh Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2023/2024

Mahasiswa Unismuh harus bangga kuliah di sini. Mahasiswa sukses Unismuh Unggul

RAKYATKU.COM, MAKASSAR. Para mahasiswa baru 2023 diharap semua bangga masuk Unismuh Makassar.

Kampus ini telah terbukti mencatat prestasi pada skala nasional dan internasional.

Buktikan kalau memilih kuliah di Unismuh untuk meraih kesuksesan menyelesaikan studi pada waktu yang tepat.

Baca Juga : Refleksikan Hari Buku Nasional, PWM Sulsel Gelar Diskusi Buku Covering Muhammadiyah

Demikian sambutan Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag saat membuka Ta'ruf Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2023/2024, Kamis 14 September 2023 di Gedung Balai Sidang Unismuh Makassar.

Dijelaskan, tanamkan kesuksesan masuk Unismuh apalagi telah jauh jauh tinggalkan kampung untuk mencari kebaikan makanya selama berada di kampus jangan cari yang tidak baik.

Jadi sejak dari awal masuk Unismuh senantiasa di warnai dengan niat baik dan sebelumnya harus jadi orang baik, senantiasa berprasangka baik, berpikiran baik.

Baca Juga : Unismuh Makassar Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, Perundungan, serta Intoleransi

Rektor Prof Ambo mengajak para mahasiswa baru menjadikan kampus sebagai taman yang indah dan menyenangkan dengan menuntut ilmu pengetahuan yang ada di fakultas masing masing.

Ilmu pengetahuan harus di cari dengan mengedepankan kejujuran pada diri mahasiswa, jujur dalam berkata termasuk jujur dalam proses ujian.

Berteman dengan orang jujur harus senantiasa dilakukan tetapi sebelumnya dalam diri harus lebih dulu jujur.

Baca Juga : Ketua IKA Unismuh Raih Gelar Doktor dari Prodi S3 Pendidikan Agama Islam

Masuk Unismuh satu warna yakni warna putih. Kalau sudah masuk di dalam kampus maka harus tanggalkan warna lain termasuk warna-warna kedaerahan.

Karena semua mahasiswa baru ini hanya satu yakni mahasiswa Unismuh Makasaar dengan menjalin ukhuwah dan kebersamaan serta jangan tonjolkan daerah.

Para mahasiswa baru tanamkan dalam sanubari untuk sukses selesaikan studi untuk 4 tahun ke depan dengan bersama belajar secara baik di fakultas masing masing dengan prestasi yang baik.

Baca Juga : Siswa SMA se-Gowa Ikuti Launching PMB di Kampus Unismuh Makassar

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar, Prof Dr H Gagaring Pagalung, M. Si, Ak, CA pada sambutan singkat mengatakan, ada tiga ciri Muhammadiyah Berkemajuan yang telah mencapai usia 114 tahun.

Ketiga ciri itu persyarikatan harus senantiasa berbuat yang lebih baik, pengembangan yang berbasis ilmu pengetahuan serta membangun mental kemuhammadiyahan.

Ketua Panitia Penyambutan Maba 2023, Dr.HM. Arfah Bas'ah, M.Pd.I pada laporannya mengatakan, jumlah mahasiswa baru S1 dan D3 yang ikut ta'ruf mencapai 2963 orang ada sekitar 1969 orang memilih upline dan 994 memilih online.

Baca Juga : Kembangkan Sistem Informasi Kekayaan Alam bagi Warga Desa Lakatong, Unismuh Makassar Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

Sukses kuliah di Unismuh maka perhatikan empat hal yakni; baca kalender akademik, membayar SPP, mengisi KRS serta aktif ikut proses perkuliahan.

Agenda penyambutan maba Kamis 14 September 2023 pembukaan dengan Kuliah Umum dari Kapolrestabes Kota Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib,

tapi sebelumnya ditandai dengan penandatangan naskah kerjasama MoU antara Unismuh dengan Polrestabes Makassar dan dilanjutkan dengan materi dari Rektor Unismuh Makassar.

Baca Juga : Kembangkan Sistem Informasi Kekayaan Alam bagi Warga Desa Lakatong, Unismuh Makassar Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

Selanjutnya disusul dengan materi dari Wakil Rektor I, Dr Ir. H Abd Rakhim Nanda, MT; Wakil Rektor II, Dr. H Andi Sukri Syamsuri, S.Pd, M.Hum; Wakil Rektor III, Dr. Muhammad Tahir,M.Si dan Wakil Rektor IV, Dr. H. Mawardi Pewangi, M.Pd.I

Materi terakhir adalah perkenalan kelembagaan dan Unit Kegiatan Kemahasiswaan.

Pada hari Jumat 15 September 2023 ta'aruf mahasiswa baru pada FAI, Fakultas Teknik, Fisip dan Fakultas Pertanian.

Baca Juga : Kembangkan Sistem Informasi Kekayaan Alam bagi Warga Desa Lakatong, Unismuh Makassar Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

Sabtu 16 September 2023 ta'aruf dilaksanakan di FKIP, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selanjutnya pada Senin 18 September 2023 dilaksanakan Rapat Senat Pengukuhan Maba 2023.(**)

#unismuh