Kamis, 14 September 2023 08:15

Wali Kota Makassar Jamin Stok Beras Aman hingga Akhir Tahun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kegiatan Pengadaan Cadangan Beras Pemerintah Kota Makassar Kerja Sama Perum Bulog Cabang Makassar dan Dinas Ketahanan Pangan Makassar di Gudang Bulog Makassar, Rabu (13/9/2023).
Kegiatan Pengadaan Cadangan Beras Pemerintah Kota Makassar Kerja Sama Perum Bulog Cabang Makassar dan Dinas Ketahanan Pangan Makassar di Gudang Bulog Makassar, Rabu (13/9/2023).

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, memastikan stok beras akan aman hingga akhir tahun 2023, dengan Pemerintah Kota Makassar, Bulog, Pemprov, dan Forkopimda bekerja sama untuk mengawal ketersediaan beras. Pemimpin Perum Bulog Cabang Makassar, Karmilah Hasmin Marunta, mengiyakan dengan perencanaan untuk suplai tambahan pada awal tahun 2024 untuk mengatasi dampak El Nino.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengatakan stok beras di Makassar aman hingga akhir tahun 2023 ini.

"Kami imbau kepada masyarakat bahwa stoknya cukup sampai Desember. Jadi, jangan ada panic buying. Pemkot Makassar, Bulog, Pemprov, Forkopimda bahu-membahu mengawal ini," kata Danny Pomanto, sapaan Wali Kota Makassar, di sela-sela kegiatan Pengadaan Cadangan Beras Pemerintah Kota Makassar Kerja Sama Perum Bulog Cabang Makassar dan Dinas Ketahanan Pangan Makassar di Gudang Bulog Makassar, Rabu (13/9/2023).

Kegiatan ini dirangkaikan Pelepasan Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahap II 2023 yang dimulai disalurkan ke masyarakat di Kecamatan Mariso sebanyak 2 ribu KK dengan total 42 ribu KK se-Makassar.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Danny Pomanto mengungkapkan cadangan beras yang ada di Bulog Cabang Makassar kurang lebih ada 5 ribu ton. Olehnya, kondisinya stabil meski masuk dalam musim kemarau.

Dalam monitoring inflasi sebelumnya, beras merupakan salah satu komoditas yang mengalami kenaikan. Meski begitu, ia mengaku lebih tenang lantaran stok beras yang memadai hingga Desember.

"Jangan khawatir, stok cukup. Jangan panik karena kalau panik bisa menimbulkan harga yang tinggi dan inflasi yang tinggi," ucapnya.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Gerakan pengadaan cadangan beras kepada 42 ribu KK ini, ia yakini mampu menekan inflasi di Makassar.

Pemimpin Perum Bulog Cabang Makassar, Karmilah Hasmin Marunta, mengiyakan stok beras di Makassar aman hingga akhir 2023.

"Aman sampai akhir tahun 2023. Akan terus kami lakukan suplai barang, khususnya beras, awal tahun karena kita melihat dampak El Nino ini pasti akan berkelanjutan sampai dengan awal tahun 2024," ungkapnya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Tentunya, lanjut dia, pihaknya terus berkoordinasi dan saling dukung antarkota dan provinsi sehingga ketahanan pangan tercipta di Makassar.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto