Senin, 11 September 2023 16:30

Tips Menghindari Bahaya Penggunaan Earphone

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tips Menghindari Bahaya Penggunaan Earphone

"Jika terjadi telinga berdengung, ada infeksi, keluar darah dari telinga maka segera melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis terdekat,"

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Penggunaan earphone yang berlebihan bisa berdampak pada kesehatan. Hal ini diungkapkan oleh Dokter Spesialis THT-KL RSUD Andi Makkasau , dr. Indah Maulidah Sp.THT-KL .

Menurut Indah, earphone menghasilkan gelombang suara yang sampai ke telinga sehingga membuat gendang telinga bergetar yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau tuli permanen.

Hal itulah, kata dia, perlu mengetahui tentang bahaya earphone untuk kesehatan telinga dan pendengaran.

Baca Juga : Momen Idul Adha , Akbar Ali Ajak Warga Sukseskan Pilkada 2024

"Beberapa keluhan yang patut diwaspadai adalah sakit pada telinga, ada inspeksi pada telinga, penurunan pendengaran, dan hilangnya pendengaran disebabkan gangguan saraf," jelas Indah, Senin (11/9/2023)

Organ pendengaran, lanjutnya, memiliki fungsi yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sebisa mungkin harus menjaga kesehatan mereka.

"Penggunaan earphone yang baik dan benar adalah pertama menerapkan rule atau aturan 60 60, yaitu 60% volume maks dan berhenti setiap 60 menit. Kedua, memilih earphone yang cocok untuk telinga," ungkapnya.

Baca Juga : Akbar Ali : Idul Adha jadi Momen Peningkatan Akhlak

Ia tak lupa menganjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan jika terdapat tanda tanda kelainan pada telinga.

"Jika terjadi telinga berdengung, ada infeksi, keluar darah dari telinga maka segera melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis terdekat," tutupnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #rs andi makkasau #taufan pawe