Selasa, 05 September 2023 18:24

Tim Pengabdian Masyarakat Kalla Institute mengadakan Pendampingan Manajemen Bisnis dan Pemasaran Digital untuk Kelompok Perikanan An'nisa di Pangkep

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tim Pengabdian Masyarakat Kalla Institute mengadakan Pendampingan Manajemen Bisnis dan Pemasaran Digital untuk Kelompok Perikanan An'nisa di Pangkep

Pelatihan dan pendampingan menyasar 3 permasalahan yang menjadi fokus utama, yaitu: Manajemen Produksi, Manajemen Usaha, dan Pemasaran berbasis digital.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Institut Teknologi dan Bisnis Kalla (Kalla Institute) menerima hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Salah satu proposal pengabdian masyarakat yang berhasil mendapatkan pendanaan adalah program berjudul "Penguatan Manajemen Produksi dan Implementasi Strategi Pemasaran Digital Berbasis Konten untuk Meningkatkan Penjualan Produk Olahan Bandeng oleh Kelompok Ibu-Ibu Perikanan An'nisa di Kabupaten Pangkep."

 

Program penelitian dan pengabdian ini dipimpin oleh A. Fauziah Yahya, SE., SS., M.HRM dari Prodi Kewirausahaan. Program ini melibatkan tim multidisiplin yang terdiri dari Andi Jamiati Paramita, S.T., M.T dari Prodi Sistem Informasi & Teknologi, Mardiatul Jannah, S.PD., MM. dari Prodi Kewirausahaan, serta melibatkan dua mahasiswa, satu dari Prodi Kewirausahaan dan satu dari Prodi Sistem Informasi.

Baca Juga : LPPM Kalla Institute Bina Kelompok Miskin Tunanetra dan Muallaf untuk Berbisnis

Kegiatan ini merupakan kegiatan berkelanjutan sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk memberikan solusi terhadap permasalahan nyata yang terjadi pada Kelompok Ibu-Ibu Perikanan An'nisa di Labakkang, Kabupaten Pangkep, yang terdiri dari sebanyak 11 orang.

Dalam rangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan ini, menyasar 3 permasalahan yang menjadi fokus utama, yaitu: Manajemen Produksi, Manajemen Usaha, dan Pemasaran berbasis digital.

A. Fauziah Yahya, SE., SS., M.HRM menekankan besarnya peluang dan potensi sumber daya laut di Kabupaten Pangkep sehingga perlu dilakukan pemasaran digital agar dapat memperluas permintaan produk dan memperbesar produksi.

Baca Juga : Kalla Institute Resmi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2024-2025

“Kabupaten Pangkep terkenal dengan slogannya Boledong ( Bolu, Lemo, Doang), terutama daerah Labakkang menjadi salah satu daerah penghasil bandeng terbesar di provinsi Sulawesi Selatan” Himbaunya

Lebih lanjut, A. Fauziah Yahya, menjelaskan bahwa dengan pencapaian progres yang telah dicapai, diharapkan kegiatan ini akan meningkatkan jumlah produksi dan pemasaran, dan dalam waktu dekat, tim ini berencana untuk menyelesaikan poin-poin pendampingan manajemen usaha untuk Kelompok Ibu-Ibu Perikanan An'nisa di Kabupaten Pangkep.(**)

#Kalla Institute