Sabtu, 26 Agustus 2023 22:00

32 Juta Pelanggan Telkomsel di Wilayah Pelosok dan 3T Sudah Dijangkau

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
32 Juta Pelanggan Telkomsel di Wilayah Pelosok dan 3T Sudah Dijangkau

32 juta pelanggan di wilayah pelosok dan 3T menyumbang market share 64 persen

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Telkomsel merupakan salah satu provider yang memiliki jangkauan terluas di Indonesia.

Bahkan wilayah pelosok dan 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal). Di Area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka), Telkomsel telah terjangkau.

Mengetahui sekitar 94 persen wilayah pelosok dan wilayah 3T sudah menjangkau total pelanggan sekitar 32 juta pelanggan sehingga mencakup pangsa pasar 64 persen

Baca Juga : Telkomsel Jaga Bumi Peringati Hari Bumi Sedunia dengan Ajak Pelanggan Ciptakan Jejak Kebaikan

Vice President Consumer Sales Telkomsel, Area Pamasuka Mirza Budiwan mengungkapkan saat menggelar media Gathering Area Pamasuka di Bali, untuk melayani pelanggan dan menjangkau hampir seluruh wilayah Pamasuka, Telkomsel memiliki lebih dari 20 ribu situs, baik untuk jaringan 2G, 4G dan 5G.

“Secara total, Telkomsel telah menjangkau 100 persen kabupaten/kota, 94 persen kecamatan dan 75 persen kelurahan di Area Pamasuka. Jangkauan ini akan terus berlanjut,” katanya

Menurutnya, Telkomsel saat ini terus memperluas BTS 4G. Seluruh BTS 3G yang sudah ada sejak tahun 2006 sudah diganti dengan 4G. “Hal ini kami lakukan karena jaringan 4G jauh lebih efisien dibandingkan 3G. 3G memang cukup cepat, namun jika sudah banyak yang menggunakan dalam satu wilayah akan menjadi lambat.

Baca Juga : Trafik Internet Naik 10.08 Persen, Telkomsel Regional Sulawesi Sukses Kawal Aktivitas Digital Pelanggan Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, BTS 3G kami mengganti semuanya dengan 4G. Sejak September 2022, seluruh BTS 3G telah diupgrade ke 4G,” jelasnya.

Vice President Area Network Operations Telkomsel Pamasuka, Andrias Indra menambahkan saat ini Telkomsel juga sudah memiliki jaringan 5G, namun masih ultrasonik.

Menurut Andrias, Telkomsel telah memasang jaringan 5G di tambang Freeport.

Baca Juga : Peduli Korban Bencana Tanah Longsor Tana Toraja, Telkomsel Salurkan Bantuan CSR Logistik serta Layanan Telepon dan Wifi Gratis

“Jaringan 5G paling besar di Pamasuka berada di tambang Freeport, Papua.

Tambang bawah tanah Freeport menggunakan robot yang memerlukan jaringan yang cepat,” katanya. Telkomsel menurut Andrias juga memperluas jangkauan hingga ke daerah 3T.

Telkomsel berperan aktif menghubungkan pelanggan di wilayah 3T dan non 3T,” ujarnya

#Telkomsel