Senin, 28 Agustus 2023 12:52

Desa Rinding Allo Luwu Utara Raih Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Desa Rinding Allo di Luwu Utara, Sulawesi Selatan, dianugerahi Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 untuk kategori Homestay dan Toilet Umum. Penghargaan ini diterima Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, yang diserahkan Menparekraf, Sandiaga Uno.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Desa Rinding Allo, Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, berhasil meraih penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Satu-satunya desa di Tana Luwu yang lolos dalam puncak ADWI 2023 ini meraih penghargaan nasional sebagai 10 Desa Wisata Terbaik kategori Homestay dan Toilet Umum.

Penghargaan diserahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, hadir menerima penghargaan itu pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia yang digelar di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Ahad (27/8/2023) malam.

"Alhamdulillah, kami hadir dan menerima langsung penghargaan untuk Desa Wisata Rinding Allo pada Malam Anugerah Desa Wisata 2023," kata Indah.

"Capaian ini tentu tidak terlepas dari hasil sinergi dan kolaborasi pentahelix seluruh stakeholder terkait dalam membangun kerja sama di Kabupaten Luwu Utara," imbuhnya.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Indah juga menuturkan terima kasih atas kerja keras dan kerja cerdas yang terbangun, termasuk dukungan dari masyarakat.

"Terima kasih atas kerja keras dan kerja cerdas kita semua untuk pencapaian ini. Insyaallah menjadi berkah bagi pariwisata dan masyarakat Luwu Utara," tutur bupati yang karib disapa IDP ini.

Diketahui penilaian ADWI dibagi menjadi lima kategori, yaitu: (1) Daya Tarik Pengunjung; (2) Souvenir; (3) Homestay dan Toilet Umum; (4) Digital dan Kreatif; serta (5) Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Satu kategori lain, Desa Wisata Terfavorit, pemenangnya ditentukan melalui like terbanyak video desa wisata di YouTube Kemenparekraf selama periode 21 – 25 Agustus 2023.

Menparekraf Sandiaga Uno bahwa bangkitnya pariwisata Indonesia dimulai dari desa, karena kekayaan alam, luhurnya adat dan budaya, serta semangat masyarakat di desa.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani