Kamis, 24 Agustus 2023 12:54

Bus Trans Andalan Mulai Beroperasi, Layani Rute Barru-Soppeng Gratis

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh, saat peluncuran Bus Trans Andalan rute Barru-Soppeng di area Stasiun Garongkong, Kabupaten Barru, Rabu (23/8/2023).
Bupati Barru, Suardi Saleh, saat peluncuran Bus Trans Andalan rute Barru-Soppeng di area Stasiun Garongkong, Kabupaten Barru, Rabu (23/8/2023).

Bus Trans Andalan resmi diluncurkan di Barru dengan rute Barru-Soppeng. Bus ini bertujuan menghubungkan wilayah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan menjadi penghubung vital di Sulsel, dengan layanan gratis bagi masyarakat.

 

RAKYATKU.COM, BARRU - Bus Trans Andalan yang merupakan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru resmi beroperasi dengan rute Barru-Soppeng.

Operasional ditandai peluncuran di area Stasiun Garongkong, Kabupaten Barru, Rabu (23/8/2023). Setelah peluncuran, dilanjutkan uji coba bus. Peluncuran dihadiri berbagai pejabat dan unsur terkait.

Baca Juga : Plt. Ketua TP PKK Barru Resmikan Gerakan Pangan Murah di Tanete Riaja

Bupati Barru, Suardi Saleh, menyebut transportasi sebagai tulang punggung kemajuan suatu daerah. Transportasi tidak hanya menghubungkan individu, tetapi juga pusat produksi, pusat pemasaran, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang produktif serta berdaya saing.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas sinergi antara pusat, provinsi, kabupaten, serta pemangku kebijakan terkait yang membuat moda transportasi ini menjadi kenyataan. Bus ini akan menjadi penghubung vital di Sulsel, terintegrasi dengan berbagai moda transportasi, pelabuhan, dan destinasi wisata.

"Dengan peluncuran Bus Trans Andalan ini, kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menghadirkan layanan bus dengan rute Barru-Soppeng ini," kata Suardi.

Baca Juga : Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

Suardi juga mengapresiasi bantuan keuangan dari Pemprov Sulsel yang memungkinkan masyarakat dari Makassar, Barru, hingga Soppeng dapat menikmati moda transportasi ini secara gratis.

Ia mengajak seluruh pemangku kebijakan terkait untuk menyosialisasikan bus gratis ini kepada masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Barru, Mohammad Fadly Ramadan Pawae, melaporkan bus sebanyak dua unit ini adalah hasil bantuan keuangan Pemprov Sulsel.

Baca Juga : Bupati Janji Umrah, Kafilah Barru Berlaga di MTQ XXXIII Sulsel Target Raih Prestasi

Rencananya bus ini akan menghubungkan rute Barru dan Soppeng. Hal ini diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kedua wilayah dan mendukung visi pemerintah provinsi dalam memperkuat koneksivitas antarwilayah.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh