Rabu, 23 Agustus 2023 13:13

ASUS Hadirkan Zenbook S13 OLED di Makassar, Bobot Sekilo Tebal Satu Senti

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Business Development Manager Consumer Product of ASUS Indonesia, Frank Wang (kanan), bersama Head of Public Relations ASUS Indonesia, Muhammad Firman, dalam Media Gathering Makassar 2023 di Hote The Rinra, Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (23/8/2023). (Foto: Nur Hidayat Said/Rakyatku.com)
Business Development Manager Consumer Product of ASUS Indonesia, Frank Wang (kanan), bersama Head of Public Relations ASUS Indonesia, Muhammad Firman, dalam Media Gathering Makassar 2023 di Hote The Rinra, Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (23/8/2023). (Foto: Nur Hidayat Said/Rakyatku.com)

ASUS memboyong laptop ultratipis Zenbook S13 OLED (UX5304) di Makassar dengan dimensi ketebalan hanya 1 sentimeter dan bobot 1 kilogram. Laptop ini mengusung layar Asus Lumina OLED 13,3 inci dengan resolusi 2.8K dan dilengkapi dengan CPU Intel Core i7-1355U, RAM 16 GB, dan penyimpanan SSD 1 TB.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - ASUS menghadirkan laptop supertipis (ultrathin) terbarunya, Zenbook S13 OLED (UX5304), untuk pasar Kota Makassar. ASUS mengeklaim laptop ini merupakan yang tertipis dan teringan di dunia.

"Ini laptop paling ringan dan tipis di dunia. ASUS berkomitmen tidak hanya sekadar menghadirkan inovasi di tiap produknya, tetapi juga memberikan manfaat kepada penggunanya," ujar Frank Wang, Business Development Manager Consumer Product of ASUS Indonesia, dalam Media Gathering Makassar 2023 di Hote The Rinra, Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (23/8/2023).

 

Di brosurnya, laptop ini hanya memiliki dimensi ketebalan 1 sentimeter dengan bobot 1 kilogram. Selain tipis dan ringan, Zenbook S13 OLED juga merupakan laptop ultraportabel ramah lingkungan.

Disebut ramah lingkungan karena telah mendapatkan sertifikasi EPEAT Gold. Sertifikasi ini menjamin proses pembuatan, perakitan, penggunaan, hingga proses daur ulang laptop diklaim bisa meminimalkan jejak karbon.

Meminimalkan berat laptop ini, ASUS memadukan material magnesium dan aluminium yang digunakan pada bagian keyboard deck. Bagian ini diproses dengan presisi melalui teknik CNC sehingga tak memerlukan bagian penyangga tambahan.

Selain keyboard deck, touchpad laptop ini dilapisi dengan penutup kaca yang diklaim sangat tipis. Dengan begitu, ditambah dengan konstruksi keyboard deck, dimensi ketebalan laptop ini bisa ditekan hingga 25 persen.

Meski tipis dan ringan, hardware Zenbook S13 OLED memiliki kemampuan mumpuni. Laptop ini ditenagai dengan prosesor (CPU) Intel Core i7-1355U (1,7 GHz) serta pengolah grafis (GPU) terintegrasi Intel Iris Xe Graphics. 

Pada sektor memori, Zenbook S13 OLED dibekali dengan RAM 16 GB (LPDDR5) dan media penyimpanan (storage) SSD (PCIe 4.0) dengan kapasitas 1 TB.

Untuk layar, Zenbook S13 OLED mengusung layar Asus Lumina OLED 13,3 inci dengan resolusi 2.8K (2.880 x 1.800 piksel) dan refresh rate 60 Hz.

Layar ini memiliki tingkat kecerahan hingga 550 nits dan telah memiliki beberapa sertfikasi, seperti VESA, Pantone, hingga Display HDR True Black 500.

Fitur pendukung lain yang ada di laptop ini mencakup WiFi 6E, Bluetooth 5.3, Windows 11 Home, IR Camera 1080p yang mendukung Windows Hello, hingga baterai 63WHrs yang diklaim kuat 14 jam untuk streaming video. 

Laptop ini juga dibekali dengan sejumlah konektor mencakup dua buah konektor USB tipe-C Thunderbolt 4, konektor USB 3.2 Gen 2, konektor USB 3.2 Gen 2 Type-A, konektor HDMI 2.1, dan audio jack 3,5 mm.

ROG Ally

Melalui sub-brand Republic of Gamers (ROG), ASUS telah menghadirkan berbagai produk dan perangkat gaming paling inovatif. Salah satu perangkat gaming yang baru saja mendarat di Indonesia adalah ROG Ally yang merupakan portable gaming console paling powerful di dunia.

Public Relations ASUS ROG Indonesia, Muhammad Fadhil Mawaridi, mengatakan ROG Ally merupakan portable gaming console paling powerful di dunia yang ditenagai Windows 11 serta prosesor AMD Ryzen™ Z1 Series terbaru.

Berkat sistem operasi Windows 11, ROG Ally dapat memainkan game dari berbagai platform, bahkan game AAA, dengan sangat baik. Portable gaming console terbaru ini juga dilengkapi dengan sistem kontrol intuitif, software khusus, serta layar sentuh yang memiliki tingkat kecerahan, resolusi, serta refresh rate tinggi.

ROG Ally juga dirancang sangat nyaman saat digunakan berkat bobot yang sangat ringan yaitu hanya 608g serta desain bodi yang ergonomis.

ROG Ally ditenagai oleh sistem operasi Windows 11. Artinya, perangkat gaming ini bisa digunakan untuk memainkan semua game dari berbagai platform ternama seperti Xbox, Steam, Epic Games, EA Play, GoG Galaxy, serta Ubisoft Connect.

Semua gim yang ada di platform gaming tersebut juga dipastikan dapat dimainkan di ROG Ally tanpa terkecuali. Kemampuan ini membuat ROG Ally tampil sebagai portable gaming console paling fleksibel tidak hanya dalam hal portabilitas, tetapi juga pilihan gimnya.

ROG Ally adalah portable gaming console generasi terbaru yang menawarkan pengalaman bermain game pada resolusi Full HD (FHD) secara portabel, serta mampu menjalankan game AAA terkini secara lebih baik dibandingkan portable gaming console lainnya.

ROG Ally memungkinkan gamer untuk menikmati game AAA secara portabel, terhubung ke televisi, atau difungsikan layaknya sebuah PC desktop menggunakan GPU eksternal ROG XG Mobile.

Kuasai Pangsa Pasar

Head of Public Relations ASUS Indonesia, Muhammad Firman, mengatakan sejak 2013 ASUS telah mendominasi pasar laptop segmen consumer di Indonesia dengan market share atau pangsa pasar pada 2023 ini mencapai 40 persen. "Ini prestasi membanggakan," katanya.

Sementara, untuk segmen laptop gaming ASUS menjadi nomor satu di Indonesia sejak 2015 hingga saat ini dengan pangsa pasar 45 persen.

Pasar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) masih mendominasi kontribusi ke penjualan ASUS. Setelah daerah Jawa, ada Sumatra Utara, baru kemudian Sulawesi Selatan dan wilayah di Kawasan Timur Indonesia (KTI) lainnya.

#ASUS Indonesia