Selasa, 22 Agustus 2023 13:36

Jalan Cenderawasih Resmi Berganti Nama Jadi Jalan Opu Daeng Risadju

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peresmian pergantian nama Jalan Cenderawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risadju, Selasa (22/8/2023).
Peresmian pergantian nama Jalan Cenderawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risadju, Selasa (22/8/2023).

Wali Kota Makassar meresmikan pergantian nama Jalan Cenderawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risaju sebagai penghormatan terhadap pahlawan nasional perempuan, Opu Daeng Risadju. Ada barcode pada plang jalan terkait seluk-beluk jalan. Lorong-lorong yang sebelumnya bagian dari Jalan Cenderawasih juga ikut berganti nama.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, meresmikan pergantian nama Jalan Cenderawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risadju.

"Melalui keberkahan Allah subhanahu wa ta'ala secara rendah hati dan memohon restu masyarakat Luwu Raya, masyarakat Makassar dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim Jalan Cenderawasih resmi diganti dengan nama Jalan Opu Daeng Risadju," kata Danny Pomanto, sapaan Wali Kota Makassar, pada sela-sela acara di Jalan Opu Daeng Risadju, Selasa (22/8/2023).

 

Danny Pomanto menjelaskan alasan utama pemilihan nama Opu Daeng Risadju ialah karena sosoknya merupakan pahlawan nasional.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Bukan hanya itu, Opu Daeng Risadju juga memberikan inspirasi mengenai isu gender, perjuangan wanita yang saat ini menjadi bagian penting dalam kehidupan dunia.

"Dengan ini kami bangga bisa perkenalkan ke seluruh dunia bahwa kami memiliki pahlawan nasional perempuan," ujarnya.

Termasuk, kata dia, pihaknya menyediakan barcode yang tertempel di plang jalan tersebut sehingga masyarakat dapat membacanya.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

Selain itu, lorong-lorong yang sebelumnya merupakan sub Jalan Cenderawasih diganti menjadi Jalan Opu Daeng Risaju.

Selanjutnya, Danny Pomanto mengungkapkan akan menerima usulan nama-nama lainnya, seperti I Gede Agung, Sir Alfred Russel Wallace, maupun nama lainnya.

Bupati Luwu, Basmin Mattayang, mengapresiasi setinggi-tingginya kebijakan Danny Pomanto ini.

Baca Juga : Bersama Wali Kota Makassar, Ketua DPRD Rudianto Lallo Tur Fasilitas Baru Kantor Balai Kota

"Hari ini Adinda Wali Kota melukiskan keindahan di hati masyarakat Luwu, menorehkan sejarah Luwu. Rasa penuh bangga dan haru mewakili keluarga dan warga Luwu kami sampaikan terima kasih atas goresan inisiatif ini," tutur Basmin.

Sebelumnya, pergantian nama ini berawal dari permintaan Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk menjadikan nama pahlawan asal Luwu, Opu Daeng Risadju. sebagai nama jalan di Makassar, Desember lalu.

Menanggapi hal itu, Danny Pomanto mengiyakan dengan menjalin komunikasi dengan DPRD Kota Makassar dan menyiapkan kandidat jalan yang digantikan.

Baca Juga : Danny Pomanto Lantik Ratusan Pejabat Eselon di Kapal Pinisi

Menurut Danny Pomanto, nama jalan dari nama pahlawan nasional penting. Terlebih, pahlawannya dari Sulsel, maka wajib diabadikan di Makassar sebagai ibu kota provinsi.

Diketahui, sosok Opu Daeng Risadju ialah pejuang wanita asal Sulsel yang menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Opu Daeng Risadju memiliki nama kecil Famajjah. Opu Daeng Risadju merupakan gelar kebangsawanan Kerajaan Luwu yang disematkan pada Famajjah yang memang merupakan anggota keluarga bangsawan Luwu.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto #Jalan Cenderawasih #Jalan Opu Daeng Siraju