Jumat, 18 Agustus 2023 17:34

HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, Pandawa Ganjar Sukses Kibarkan Merah Putih di Atap Sulawesi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pandawa Ganjar sukses mengibarkan bendera merah putih di Gunung Latimojong, Kabupaten Enrekang, Sulsel, Kamis (17/8/2023).
Pandawa Ganjar sukses mengibarkan bendera merah putih di Gunung Latimojong, Kabupaten Enrekang, Sulsel, Kamis (17/8/2023).

Pandawa Ganjar Sulsel melakukan aksi bersih-bersih gunung dan mengibarkan bendera merah putih pada momentum HUT ke78 kemerdekaan RI di Gunung Latimojong, Kabupaten Enrekang. Melalui kegiatan ini, mereka ingin mempromosikan kelestarian alam serta memupuk rasa cinta tanah air.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Sukarelawan Pandawa Ganjar Sulawesi Selatan (Sulsel) turut menyemarakkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI)

Kali ini, Pandawa Ganjar melakukan bersih-bersih gunung dan sukses mengibarkan bendera merah putih di Gunung Latimojong, Kabupaten Enrekang, Sulsel, Kamis (17/8/2023).

Koordinator Wilayah Pandawa Ganjar Sulsel, Bayu, mengatakan aksi bersih-bersih gunung dilakukan untuk menyosialisasikan kelestarian dan keindahan alam Indonesia.

Baca Juga : Pakar HTN: Pilpres Satu Putaran Sulit Terwujud

"Aksi bersih-bersih Gunung Latimojong sebagai bukti bahwa Bapak Ganjar Pranowo selain seorang budayawan juga mencintai lingkungan dan bagaimana selalu melestarikan alam," ujar Bayu di Gunung Latimojong.

Gunung Latimojong merupakan salah satu gunung yang masuk seven summit atau tujuh gunung tertinggi di Indonesia. Memiliki ketinggian 3.478 mdpl, Gunung Latimojong juga menjadi salah satu tanah tertinggi di Sulsel. Tak heran gunung tersebut dijuluki Atap Sulawesi.

Bayu menjelaskan, Pandawa Ganjar melakukan kegiatan di Gunung Latimojong untuk mengenalkan dan menjaga salah satu pesona alam Indonesia di Sulawesi.

Baca Juga : Strategi Ganjar-Mahfud Cegah "akal-akalan" di TPS

Selain melakukan bersih-bersih sampah, Pandawa Ganjar juga sukses mengibarkan merah putih di puncak Gunung Latimojong. Bayu menyebutkan, pengibaran bendera kebangsaan bertujuan memupuk rasa cinta tanah air di momentum HUT ke-78 kemerdekaan RI.

"Setelah melakukan bersih-bersih sampah, di tanggal 17 Agustus itu relawan Pandawa Ganjar Sulawesi Selatan kemudian mengibarkan bendera sebagai bentuk rasa kecintaan kepada negeri," ucap Bayu.

"Untuk lebih menyadarkan terkait nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme terhadap warga Sulawesi," sambung Bayu.

Baca Juga : Pengamat: Keunggulan di Exit Poll Bisa Kerek Elektabilitas Ganjar-Mahfud

Adapun kegiatan pendakian bersih-bersih sampah dan pengibaran bendera merah putih
Pandawa Ganjar di Gunung Latimojong dilangsungkan pada 15-17 Agustus 2023.

Tepat pada hari kemerdekaan, para pendukung Ganjar Pranowo itu melalui kegiatan yang diselenggarakan, menyampaikan harapannya untuk bangsa Indonesia.

Pandawa Ganjar menginginkan Indonesia ke depannya menjadi bangsa yang besar di tengah banyaknya perbedaan.

Baca Juga : Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud, Eks KSAU: Kita Lawan Orang Tak Beretika

Mereka meyakini bendera kebangsaan merah putih dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dapat menjadi pemersatu konkret bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Harapan kami dari Pandawa Ganjar khususnya di Sulawesi ini kemudian dapat menciptakan nilai-nilai harmonisasi, kemudian terjadi kemajemukan dan menjadi satu bingkai kebersamaan yang saling menjaga dari suku apa pun itu," jelas Bayu.

Pada kesempatan itu, relawan Pandawa Ganjar juga turut memberikan pandangannya terkait dukungan totalnya ke pria berambut putih itu.

Baca Juga : Pembangunan Berasas Supremasi Hukum dan Keadilan

Mereka menilai, Gubernur Jawa Tengah dua periode itu merupakan sosok yang nasionalis dan selalu menebarkan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh masyarakat.

"Kemudian kami ingin menyampaikan pesan kepada seluruh pendaki dan warga Sulawesi bahwa Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang nasionalis, cinta kebudayaan, dan cinta kebersamaan yang kemudian itu terjalin di mana pun berada," ungkap Bayu.

#Pandawa Ganjar Sulsel #Relawan Ganjar #ganjar pranowo #HUT Ke-78 Kemerdekaan RI