Kamis, 17 Agustus 2023 16:37

Ratusan Warga Binaan Lapas Parepare Dapat Remisi, 2 Langsung Bebas

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ratusan Warga Binaan Lapas Parepare Dapat Remisi, 2 Langsung Bebas

"Remisi ini diharapkan sebagai stimulus bagi warga binaan untuk berkelakuan baik dan berperan aktif dalam program pembinaan yang diselenggarakan Lapas Kelas IIA Parepare,"

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Sebanyak 415 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Parepare, mendapatkan remisi di Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78. Bahkan dua diantaranya langsung menghirup udara bebas.

Penyerahan remisi diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Parepare Taufan Pawe usai Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, di Alun-alun kota Lapangan Andi Makkasau, Kamis (17/8/2023).

Pemberian remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada Narapidana yang telah memenuhi syarat administratif maupun substantif sebagai mana telah diatur dalam Undang-undang.

Baca Juga : Pemkot Parepare Sukses Raih Juara Satu Penghargaan Pembangunan Daerah

Kepala Lapas kelas IIA Parepare Budiyanto totok mengatakan, dari 594 warga binaan yang terdiri dari 506 narapidana dan 88 tahanan, sebanyak 415 orang yang memenuhi syarat untuk diusulkan mendapat remisi umum 17 Agustus 2023.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 413 warga binaan yang mendapatkan pengurangan hukuman atau RK I dan 2 orang langsung bebas atau RK II," ungkap Totok.

Totok juga menjelaskan perolehan besaran remisi, dimana sebanyak 15 warga binaan mendapatkan remisi 6 bulan, 58 orang remisi 5 bulan, 117 orang remisi 4 bulan, 114 orang remisi 3 bulan, 77 orang remisi 2 bulan, dan 34 orang remisi 1 bulan.

Baca Juga : Perjuangkan Honorer, Akbar Ali Usulkan Honorer jadi PPPK

"Sementara untuk data perolehan remisi berdasarkan jenis kejahatan seperti korupsi 1 orang, narkotika 311 orang, ITE 1 orang, KDRT 1 orang, pemerkosaan 1 orang, asusila 2 orang, pembunuhan 14 orang, pencurian 19 orang, penganiayaan 3 orang, penggelapan 4 orang, penipuan 5 orang, perbankan 1 orang, perlindungan anak 52 orang," jelas dia.

Untuk perolehan remisi berdasarkan klasifikasi usia dan jenis kelamin, lanjutnya, untuk dewasa laki-laki sebanyak 391 orang dan dewasa perempuan 24 orang.

"Remisi ini diharapkan sebagai stimulus bagi warga binaan untuk berkelakuan baik dan berperan aktif dalam program pembinaan yang diselenggarakan Lapas Kelas IIA Parepare," tutupnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#HUT RI ke 78 #taufan pawe #Pemkot Parepare